Apa itu Dabbah? Hewan yang Sering Dikaitkan dengan Hari Kiamat

Jum'at, 12 April 2024 - 18:43 WIB
Hewan yang Sering Dikaitkan dengan Hari Kiamat. FOTO/ DAILY
JAKARTA - Dabbah , hewan yang sering dikaitkan dengan hari kiamat menarik diketahui. Bagi sebagian orang khususnya umat Islam, hewan satu ini biasa dikenali sebagai salah satu tanda kehancuran alam semesta atau kiamat.



Pada berbagai agama atau kepercayaan di dunia, mereka meyakini adanya hari akhir atau kiamat. Hal ini juga termasuk bagi pemeluk Islam di dunia.

Sebagaimana agama-agama lain, umat Muslim juga meyakini sejumlah tanda-tanda semakin dekatnya hari kiamat. Salah satunya adalah tentang kemunculan makhluk mengerikan seperti binatang bernama Dabbah.

Lantas, apa itu sebenarnya Dabbah? Simak ulasannya berikut ini untuk mengenalnya lebih jauh.

Dabbah, Hewan yang Dikaitkan dengan Hari Kiamat





Dabbah sering disebutkan sebagai jenis binatang melata yang berasal dari bumi. Salah satu pendapat pernah mengatakan kelak datangnya dari Makkah, Arab Saudi.

Menurut kepercayaan umat Muslim, Dabbah ini kelak akan bisa berbicara kepada manusia. Adapun kemunculannya sendiri menjelang kiamat telah disampaikan berbagai hadis-hadis sahih.

Umumnya, hewan melata mungkin akan merujuk pada kelompok reptil seperti ular, kadal, buaya, dan lainnya. Namun, menurut penjelasan para ulama dan ahli tafsir, hewan yang dipercaya bakal muncul menjelang kiamat ini berbeda dengan jenis reptil yang selama ini dikenali.

Berkaitan dengan ciri-cirinya, ada sejumlah sumber populer yang biasa didengar oleh umat Muslim. Menurut Ibnu Abbas misalnya, Dabbah ini adalah hewan melata berbulu, memiliki kaki empat dan larinya kencang seperti kuda balap.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More