4 Gunung Berapi di Sulawesi Utara, Selain Gunung Ruang yang Meletus

Jum'at, 19 April 2024 - 11:14 WIB
Gunung yang juga dikenal dengan nama Api Siau ini terletak di bagian utara Sulawesi Utara, Indonesia tepatnya di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Gunung yang memiliki ketinggian 1.827 m ini juga menjadi salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia dengan letusan sebanyak lebih dari 40 kali sejak 1675 serta banyak letusan kecil yang tidak terdokumentasi pada catatan sejarah.

4. Banua Wuhu



Banua Wuhu adalah gunung api bawah laut yang terletak di sebelah barat pulau Mahengetang, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Gunung ini memiliki ketinggian 400 meter dari dasar laut dan puncaknya berada di kedalaman 5 meter di bawah permukaan air.

Catatan sejarah menunjukkan bahwa beberapa pulau sementara terbentuk dan kemudian menghilang. Pulau setinggi 90 meter terbentuk pada tahun 1835, tetapi kemudian menjadi hanya beberapa batu pada tahun 1848. Letusan pada September 1889 membentuk sebuah pulau baru yang mencapai ketinggian 50 meter pada tahun 1894.

Itulah empat gunung berapi di Sulawesi Utara selain Gunung Ruang yang baru saja menunjukkan aktivitasnya. Dengan banyaknya gunung berapi ini masyarakat perlu waspada dan tanggap, terutama bagi mereka yang tinggal di sekitar gunung tersebut.
(wbs)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More