Spesifikasi Buk-M3: Sistem Hanud Rusia yang Ditakuti Ukraina

Sabtu, 11 Mei 2024 - 14:00 WIB
Sistem Hanud Buk-M3 merupakan pembunuh rudal milik Rusia yang bisa lacak 36 target sekaligus. Foto: ist
JAKARTA - Spesifikasi sistem hanud Buk-M3 menarik diulas. Peralatan tersebut merupakan sistem pertahanan udara yang dimiliki Rusia.

Baru-baru ini, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan intersepsi signifikan terhadap rudal Army Tactical Missile System (ATACMS) buatan Amerika Serikat. Menurut pengumuman, unit pertahanan Rusia sudah menghancurkan 15 rudal ATACMS dengan 4 di antaranya dicegat di Semenanjung Krimea pada 4 Mei 2024.

Mengutip Army Recognition, keberhasilan unit pertahanan udara Rusia mencegat rudal ATACMS tak bisa dilepaskan dari versi terbaru sistem pertahanan udara (hanud) Buk-M3.



Sebagaimana diketahui, Buk-M3 telah dikenal karena kemampuannya untuk menyerang sasaran udara. Keberadaannya diklaim sudah terbukti efektif melawan ATACMS, sistem rudal jarak jauh yang dipasok oleh Amerika Serikat ke Ukraina.

Lebih jauh, seperti apa sebenarnya spesifikasi dari sistem pertahanan udara (hanud) Buk M-3 Rusia ini? Simak ulasannya berikut.

Spesifikasi Sistem Hanud Buk-M3 Rusia

Buk-M3 menjadi generasi terbaru dari sistem pertahanan udara canggih yang dimiliki Rusia. Keberadaannya dirancang guna mengatasi spektrum ancaman udara yang luas dengan peningkatan efisiensi dan presisi serangannya.

Mengutip Military Today, Buk-M3 merupakan versi upgrade dari pendahulunya, yakni Buk-M2. Alat ini dirancang sebagai sistem pertahanan udara untuk melawan berbagai sasaran aerodinamis, termasuk rudal jelajah.

Buk-M3 telah beroperasi sejak 2016. Tak hanya mengungguli pendahulunya, sistem hanud ini diklaim lebih baik dari S-300P yang dianggap sebagai salah satu sistem pertahanan udara terkuat di era 1970-1980an.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More