China Diam-diam Bangun Kapal Induk Drone Pertama di Dunia

Kamis, 16 Mei 2024 - 09:45 WIB
China dikabarkan tengah membangun kapal induk drone. (Foto: Naval News)
JAKARTA - Perkembangan teknologi drone telah mengubah landskap peperangan dan postur militer negara-negara di dunia. Perang yang berkecamuk antara Ukraina dan Rusia serta Israel dan Palestina menjadi contohnya.

Perubahan signifikan peperangan drone yang menggantikan jet-jet tempur direspons cepat oleh China. Negara Tirai Bambu itu dikabarkan tengah membangun kapal induk drone. Jika hal ini benar, maka era peperangan laut akan berubah. Dari era kapal perang menjadi kapal induk dan sekarang kapal induk drone.

Dilansir dari ZME Science, Kamis (16/5/2024), analisis terbaru oleh Naval News dan J. Michael Dahm, peneliti senior di Mitchell Institute, menyimpulkan bahwa China diam-diam telah meluncurkan jenis kapal induk revolusioner yang baru. Namun, ini bukan kapal induk konvensional. Tersembunyi di galangan kapal di Sungai Yangtze, kapal ini kemungkinan besar adalah kapal induk drone pertama di dunia.



Tidak seperti tiga kapal induk China yang diketahui sebelumnya, kapal baru ini lebih kecil dan dirancang khusus untuk drone. Dek penerbangannya sekitar sepertiga panjang dan setengah lebar kapal induk Angkatan Laut AS. Desain unik ini tidak kompatibel dengan kebutuhan misi modern untuk pesawat terbang. Misalnya, tidak ada cukup ruang untuk memungkinkan pesawat terbang sayap tetap seperti J-20 untuk lepas landas dan mendarat pada saat yang bersamaan. Tidak ada hanggar yang terlihat juga.



"Sangat jelas terlihat bahwa secara umum, ini adalah semacam kapal induk. Kapal ini memiliki landasan pacu yang ditandai di sisi pelabuhan (kiri) dengan pulau superstruktur di sisi kanan (kanan)," tulis HI Sutton, analis pertahanan untuk Naval News.

“Selain itu, kapal ini tidak biasa dalam segala hal. Lambungnya adalah lambung ganda dengan jarak yang lebar. Meskipun hal itu sering ditampilkan dalam konsep kapal induk karena memungkinkan area dek yang luas, belum ada yang pernah membangunnya sebelumnya. Selain itu, analisis citra satelit menunjukkan bahwa dek penerbangan sangat rendah. Tampaknya tidak mungkin ada dek hanggar di bawah dek penerbangan. Jika ada, langit-langitnya sangat rendah. Oleh karena itu, kapal ini tampaknya tidak dirancang untuk mendukung operasi penerbangan dengan tempo tinggi atau dalam waktu lama.”

"Dek penerbangan cukup lebar untuk mengoperasikan pesawat terbang atau drone dengan lebar sayap sekitar 20 meter (65 kaki) seperti drone sejenis Predator buatan China. Namun, keberadaan dek penerbangan menunjukkan bahwa pesawat terbang berniat untuk mendarat di sana.”



Di sisi lain, Amerika Serikat menuai kritik tajam lantaran tetap bersikukuh berinvestasi pada kapal induk, yang sekarang dianggap sangat rentan terhadap teknologi rudal hipersonik modern.

Ketergantungan Angkatan Laut AS pada kapal induk berasal dari Perang Dunia II. Saat itu, kapal-kapal ini memainkan peran penting di Pasifik setelah penghancuran kapal perang di Pearl Harbor. Kapal induk, sebagai peluncur pesawat perang bergerak, menjadi pusat strategi AS dan menunjukkan keefektifannya, selama beberapa dekade. Saat ini, biaya pembangunan kapal induk bertenaga nuklir, seperti kelas Gerald R. Ford, mencapai lebih dari USD13,3 miliar. Dan perlu ratusan juta dolar tambahan untuk pemeliharaan. AS memiliki 11 kapal induk semacam itu, armada terbesar dan tercanggih di dunia.

Namun, kapal induk ini sekarang mirip dengan kapal perang usang yang pernah mereka gantikan. Peperangan modern telah memperkenalkan persenjataan besar-besaran rudal jarak jauh dan menengah yang dapat memborbardir pertahanan kapal induk. China, khususnya, telah mengembangkan kemampuan anti-kapal yang signifikan yang dapat membuat kapal induk AS tidak efektif dalam potensi konflik di Taiwan. Selain itu, Pemberontak Houthi di Yaman telah menunjukkan ancaman asimetris yang ditimbulkan oleh rudal anti-kapal yang lebih murah, yang mampu mengganggu operasi laut AS dan perdagangan maritim.
(msf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More