China Luncurkan Kapal Yinmahu, Kapal Induk Pengangkut Kapal Perang

Selasa, 10 Januari 2023 - 18:50 WIB
loading...
China Luncurkan Kapal Yinmahu, Kapal Induk Pengangkut Kapal Perang
China meluncurkan kapal Yinmahu yang berfungsi sebagai kapal induk pengangkut kapal perang. Foto/SCMP/Bulgarian Military
A A A
BEIJING - China meluncurkan kapal Yinmahu yang berfungsi sebagai kapal induk pengangkut kapal perang. Kapal Yinmahu dapat mengangkut kapal perang yang sangat besar dengan bobot 100.000 ton.

Televisi China menayangkan cuplikan pertama proses kapal Yinmahu mengangkut kapal perang. Yinmahu beroperasi berdasarkan dok kering, dan diklasifikasikan sebagai anjungan bawah air yang berat.

Dikutip dari laman Bulgarian Military, Selasa (10/1/2023), ketika beroperasi badan kapal Yinmahu tenggelam sampai kedalaman tertentu. Sedangkan kapal perang yang akan diangkut berlabuh di lokasi yang telah ditentukan.



Kemudian, kapal Yinmahu mengapung kembali ke posisi semula sehingga kapal perang hendak diangkut tepat berada di atas dek. Proses ini melibatkan teknologi tinggi yang unik, untuk memindahkan kapal perang berbobot besar di tengah laut.

Pakar militer mengatakan kapal Yinmahu berfungsi untuk menarik kapal perang yang membutuhkan perbaikan, peningkatan, atau pemeliharaan. Yinmahu juga berfungsi untuk mengantarkan kapal perang dari satu titik ke tujuan, sambil melakukan perbaikan selama pengiriman.

Fungsi ini kapal Yinmahu sangat menghemat banyak waktu dan juga menghemat banyak biaya. Apalagi kapal Yinmahu mampu membawa kapal perang dengan bobot 100.000 ton, sebagai perbandingan, kapal induk China Liaoning berbobot 70.500 ton.
China Luncurkan Kapal Yinmahu, Kapal Induk Pengangkut Kapal Perang


Yinmahu bukanlah kapal pertama yang beroperasi di Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok. Platform sejenis pertama yang diluncurkan China pada 2015 diberi nama Donghaidao.



China terus meningkatkan ukuran angkatan lautnya, terbaru China meluncurkan kapal induk Fujian. Kapal induk Fujian, yang namanya diambil dari salah satu provinsi terbesar di China, merupakan kapal induk ketiga dalam Angkatan Laut China.

Televisi China menyebutkan bahwa hanya teknologi kapal induk Fujian semua berasal dari dalam negeri. Bobot kapal induk ketiga Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok sekitar 80.000 ton.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1910 seconds (0.1#10.140)