Menguak Emas Tersembunyi Senilai Rp385 Triliun di Afrika Selatan

Sabtu, 25 Mei 2024 - 14:33 WIB
Chingwaru dikenal sebagai orang pertama yang menghitung berapa banyak emas tak terlihat yang tersembunyi dalam tailing di seluruh Witwatersrand. Masalahnya adalah bahwa dibutuhkan banyak waktu dan upaya untuk mengekstraksi semua 420 ton emas itu.

“Penelitiannya menunjukkan bahwa ada banyak emas. Namun, pertanyaan besar adalah apakah kita saat ini memiliki teknologi untuk mengekstraksi semua emas itu secara ekonomis dan menghasilkan keuntungan,” kata Associate Professor Megan Becker, yang bekerja di Centre for Minerals Research di Departemen Teknik Kimia di Universitas Cape Town.

Minat tinggi dari beberapa pemroses tailing di Afrika Selatan menunjukkan bahwa ini investasi yang cukup potensial. Sejak berita tentang penelitiannya tersebar, Chingwaru telah berbicara dengan beberapa tokoh senior di industri emas Afrika Selatan.

“Mereka semua mengatakan bahwa, ya, akan mahal untuk mengekstraksi emas itu, tetapi mereka masih bisa mendapatkan keuntungan yang layak. Terutama jika harga emas tetap seperti sekarang,” katanya.
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More