Berisi Harta Karun, Keberadaan Kereta Emas Nazi Masih Misterius

Sabtu, 17 Februari 2024 - 13:15 WIB
loading...
Berisi Harta Karun, Keberadaan Kereta Emas Nazi Masih Misterius
Kereta emas Nazi yang diyakini membawa harta karun tak ternilai hingga kini masih misterius. (Foto: Alamy)
A A A
JAKARTA - Kereta emas Nazi yang diyakini membawa harta karun tak ternilai hingga kini masih misterius. Berbagai upaya pencarian belum membuahkan hasil. Selama Perang Dunia II, Einsatzstab Reichsleiter Rosenberg (ERR) dibentuk untuk menyita harta karun tak ternilai dari Eropa yang diduduki oleh Jerman.

ERR berfokus pada harta karun budaya Yahudi dan Masonik, mencakup lebih dari 21.000 objek individu dari koleksi milik orang Yahudi. Namun, ini kemudian diperluas ke segala sesuatu yang bernilai di rumah, bisnis, dan toko Yahudi, karena objek-objek itu dianggap tanpa pemilik oleh dekret Nazi.

Dengan ekspansi Nazi di seluruh Eropa, koleksi yang ditemukan di museum nasional, galeri, gereja, dan koleksi pribadi non-Yahudi juga dirampok dan dibawa ke Jerman dalam 1.418.000 gerbong kereta api dan 427.000 ton melalui kapal.

Heritage Daily, Sabtu (17/2/2024) melaporkan, objek-objek paling penting ditunjuk untuk Führermuseum yang tidak terwujud oleh Hitler, sementara beberapa dialokasikan untuk tokoh-tokoh terkemuka lainnya seperti Hermann Göring.



Pada bab terakhir perang di Eropa, banyak objek yang dirampok diangkut dengan kereta api ke tambang bawah tanah, terowongan, dan istana terpencil. Misalnya, koleksi Göring dari Carinhall dipindahkan dengan kereta api ke arah selatan menuju Berchtesgaden di Bavaria.

Pada tahun 2015, media global dihebohkan dengan laporan tentang penemuan kereta emas Nazi yang diyakini terkubur di Polandia. Otoritas Polandia mengumumkan penemuan kereta emas Nazi yang terkubur pada kedalaman 8 hingga 9 meter antara Wałbrzych dan Wrocław. Saat itu, wakil menteri kebudayaan, Piotr Żuchowski, menjelaskan bagaimana kereta itu diidentifikasi menggunakan radar penembus tanah.

Penemuan itu dilakukan oleh Piotr Koper dan Andreas Richter, yang menyatakan bahwa kereta itu memiliki beberapa gerbong kereta api dengan total panjang 98 meter, yang mereka yakini mengangkut senjata dan amunisi untuk mesin perang Nazi.

Keduanya juga mengutip legenda lokal tentang kereta Nazi yang hilang yang berisi karya seni, permata, dan emas tak ternilai, kemungkinan terinspirasi oleh jaringan terowongan di sekitar Książ Castle, yang merupakan bagian dari kompleks Project Riese yang luas di bawah tanah.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)