Viral Harimau Sumatera Masuk Halaman Masjid, Ini Deretan Fakta Menariknya

Jum'at, 31 Mei 2024 - 14:32 WIB
Harimau Sumatera terekam CCTV masuk halaman masjid H. Alius Lubuk Selasih di Kecamatan Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat. (Foto: Ist)
JAKARTA - Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang menjadi satu-satunya subspesies harimau yang masih hidup di Indonesia mendadak jadi perbincangan publik setelah terpantau CCTV masuk ke halaman masjid H. Alius Lubuk Selasih di Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Harimau tersebut terekam kamera sekira pukul 00.30 WIB, Kamis (30/5/2024). Rekaman video ini sontak viral di media sosial. Video berdurasi 2 menit 45 detik itu merekam kedatangan harimau. Sang raja hutan sempat berhenti dan berdiri seperti mencari mangsa, kemudian berjalan lagi. Harimau tersebut sempat tidak terekam karena tidak tertangkap kamera, namun beberapa detik kemudian terlihat harimau tersebut lari ke hutan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/5/2024) berikut fakta-fakta menarik Harimau Sumatera:



1. Bentuk Tubuh



Bentuk tubuh harimau Sumatera relatif lebih kecil dibandingkan dengan spesies harimau lainnya. Ukurannya setara leopard atau jaguar besar. Harimau Sumatera jantan berbobot hingga 140 kilogram, sedangkan yang betina 110 kilogram.

Diduga bentuk tubuh relatif kecil ini lantaran berevolusi dengan kondisi habitatnya. Kendati demikian, ukuran tubuh yang relatif mungil ini membuat harimau Sumatera mampu bergerak lebih gesit di hutan tropis yang lebat.



2. Ciri Khas



Harimau Sumatera memiliki bulu warna oranye yang lebih gelap. Hal itu memungkinkannya menyatu dengan habitat hutan hujan tropis. Harimau Sumatera juga memiliki belang yang lebih sedikit di tubuhnya. Belang tersebut juga cenderung lebih rapat dan tampak seperti menyatu. Ciri khas lain dari harimau ini terletak pada surai dan jenggotnya. Ciri tersebut akan membantu untuk membedakan harimau Sumatera dengan spesies lainnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More