5 Penemuan Nikola Tesla yang Diklaim Orang Lain: Radio, Sinar-X, hingga Remote Control

Senin, 17 Juni 2024 - 20:10 WIB
Tesla melakukan eksperimen dengan tabung vakum yang menghasilkan sinar-X pada tahun 1894. Dia mengambil gambar sinar-X dari tubuh manusia, termasuk tangannya sendiri. Foto: ist
JAKARTA - Sebagai penemu brilian, Nikola Tesla seringkali tidak mendapatkan pengakuan yang layak atas beberapa penemuannya.

Nah, berikut adalah 5 penemuan Nikola Tesla yang diklaim oleh orang lain, beserta penjelasan detailnya:

1. Radio

Nikola Tesla mengembangkan sistem komunikasi nirkabel dasar dan mengajukan paten pada tahun 1897. Dia mendemonstrasikan transmisi radio pada tahun 1893, jauh sebelum Guglielmo Marconi.

- Tahun Penemuan: 1893 (demonstrasi), 1897 (pengajuan paten)

- Dampak: Radio merevolusi komunikasi, memungkinkan transmisi suara dan musik secara nirkabel. Ini membuka jalan bagi perkembangan teknologi komunikasi modern seperti televisi, telepon seluler, dan internet.

- Klaim: Guglielmo Marconi sering dianggap sebagai penemu radio karena dia berhasil mengirimkan sinyal radio melintasi Samudra Atlantik pada tahun 1901 dan dianugerahi Hadiah Nobel Fisika pada 1909. Namun, Mahkamah Agung AS membatalkan beberapa paten Marconi pada tahun 1943, mengakui kontribusi Tesla yang lebih awal.



2. Sinar-X

Tesla melakukan eksperimen dengan tabung vakum yang menghasilkan sinar-X pada tahun 1894. Dia mengambil gambar sinar-X dari tubuh manusia, termasuk tangannya sendiri.

- Tahun Penemuan: 1894

- Dampak: Sinar-X merevolusi dunia medis dengan memungkinkan dokter melihat ke dalam tubuh manusia tanpa operasi. Ini digunakan untuk mendiagnosis patah tulang, tumor, dan penyakit lainnya.

- Klaim: Wilhelm Conrad Röntgen diakui sebagai penemu sinar-X karena dia menerbitkan temuannya pada tahun 1895 dan dianugerahi Hadiah Nobel Fisika pertama pada tahun 1901. Namun, Tesla sudah melakukan eksperimen dengan sinar-X sebelum Röntgen.

3. Motor Induksi

Tesla mengembangkan motor induksi, jenis motor listrik yang menggunakan medan magnet berputar untuk menghasilkan tenaga. Dia mengajukan paten pada tahun 1888.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More