Malangnya Nikola Tesla, 5 Penemuannya Diklaim Orang Lain

Senin, 02 September 2024 - 16:07 WIB
loading...
Malangnya Nikola Tesla,...
Nikola Tesla memiliki banyak karya yang bermanfaat bagi umat manusia. Foto/Medium
A A A
JAKARTA - Nama Nikola Tesla tidak sepopuler penemu lainnya. Padahal karyanya mencapai ratusan, namun diklaim orang lain.

Pria kelahiran 1856 ini sebenarnya sangat berbakat karena ia dikenal sebagai fisikawan, ilmuwan sekaligus teknisi mekanik dan listrik. Produktivitasnya tinggi bahkan sudah mematenkam 30 karyanya dalam setahun, antara lain remote control, radio hingga motor listrik.

Sayangnya, sebagian karyanya diklaim orang lain seperti Thomas Alva Edison. Tesla memang pernah bekerja sama denganEdison di kota New York. Di titik inilah karyanya kerap diakui orang lain sehingga membuatnya bangkrut.

Melansir berbagai sumber, Senin (2/9/2024) berikut penemuan Nikola Tesla yang diklaim oleh orang lain :

1. Radio


Tesla pernah mengembangkan sistem komunikasi nirkabel dasar dan mengajukan paten pada 1897 setelah mendemonstrasikan transmisi radio pada 1893. Namun, publik mengenal penemu radio justru Guglielmo Marconi.

Penemuan Tesla tadi menjadirevolusi komunikasi berupa transmisi suara dan musik secara nirkabel sekaligus jalan bagi perkembangan teknologi komunikasi modern seperti televisi, telepon seluler, dan internet.

Marconi sering dianggap sebagai penemu radio karena berhasil mengirimkan sinyal radio melintasi Samudra Atlantik pada 1901 dan dianugerahi Hadiah Nobel Fisika pada 1909. Namun, Mahkamah Agung AS membatalkan beberapa paten Marconi pada 1943, karena mengakui kontribusi Tesla yang lebih awal.


2. Sinar-X


Eksperimen Tesla dengan tabung vakum menghasilkan sinar-X pada 1894. Dia mengambil gambar sinar-X dari tubuh manusia, termasuk tangannya sendiri.

Temuan ini merevolusi dunia medis dengan memungkinkan dokter melihat ke dalam tubuh manusia tanpa operasi. Cara ini untuk mendiagnosis patah tulang, tumor, dan penyakit lainnya.

Wilhelm Conrad Röntgen diakui sebagai penemu sinar-X karena dia menerbitkan temuannya pada 1895 dan dianugerahi Hadiah Nobel Fisika pertama pada 1901.

3. Motor Induksi


Tesla mengembangkan motor induksi, jenis motor listrik menggunakan medan magnet berputar untuk menghasilkan tenaga yang dipatenkan pada 1888. Sistem motor induksi menjadi dasar bagi banyak peralatan listrik modern, termasuk pompa, kipas angin, kompresor, dan peralatan rumah tangga lainnya serta kendaraan listrik.

Galileo Ferraris, seorang insinyur Italia, juga mengembangkan motor induksi bersamaan dengan Tesla. Namun, Tesla dianggap sebagai penemu utama karena dia mengajukan paten lebih dulu.


4. Remote Control


Tesla menguji coba perahu yang dikendalikan dari jarak jauh menggunakan gelombang radio pada 1898. Cara ini menjadi salah satu contoh pertama dari teknologi remote control.

Remote control merevolusi cara kita berinteraksi dengan perangkat elektronik. Ini digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk televisi, mainan, drone, dan peralatan militer. Leonardo Torres Quevedo, seorang insinyur Spanyol, juga mengembangkan sistem remote control pada awal abad ke-20. Namun, Tesla dianggap sebagai pelopor dalam teknologi ini.

5. Pembangkit Listrik Tenaga Air


Tesla merancang generator dan sistem transmisi listrik yang digunakan di pembangkit listrikdi Air Terjun Niagara pada 1895.

Pembangkit listrik tenaga air menjadi sumber energi terbarukan yang penting, menyediakan listrik bagi jutaan orang di seluruh dunia. Ini juga membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. George Westinghouse, seorang pengusaha dan insinyur, sering dikaitkan dengan pembangunan pembangkit listrik tenaga air di Air Terjun Niagara. Namun, Tesla memberikan kontribusi teknis yang signifikan dalam proyek ini.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)