Ledakan Misterius Terdengar hingga Jarak 100 Kilometer di Italia

Minggu, 23 Juni 2024 - 07:35 WIB
Ledakan Misterius. foto/ daily
MILAN - Suara ledakan misterius yang terdengar sejauh 96,56 kilometer di kawasan Mediterania kemarin diyakini disebabkan oleh ledakan meteor.



Penduduk pulau Elba di lepas pantai Tuscany, Italia dan penduduk pulau Corsica di Perancis dibangunkan oleh ledakan keras sekitar pukul 14.30 (waktu setempat).



Seperti dilansir dari Daily Mail, awalnya pihak berwenang Italia meyakini telah terjadi gempa bumi.

Administrator wilayah Tuscany, Eugenio Giani mengatakan pada platform X: “Gempa dirasakan di Pulau Elba. Terasa di sepanjang pantai. Investigasi sedang berlangsung dengan sistem regional, tidak ada korban luka atau kerusakan yang dilaporkan saat ini.”

Namun beberapa menit kemudian, Giani kembali mengatakan, para ilmuwan yang memantau aktivitas seismologi melaporkan bahwa ledakan keras tersebut bukan disebabkan oleh gempa bumi.

Surat kabar Italia Libero Quotidiano melaporkan bahwa penduduk setempat mendengar suara gemuruh di langit pada hari kejadian, sedangkan Institut Geofisika dan Vulkanologi tidak mencatat adanya gempa bumi.

Laporan media Perancis menyatakan teori di balik peristiwa tersebut adalah bahwa hal itu mungkin disebabkan oleh meteor yang meledak saat memasuki atmosfer bumi.

Penduduk Pulau Corsica dan Elba melaporkan bahwa mereka mendengar suara seperti ledakan sonik dari sebuah pesawat.

Namun, Universitas Florence menginformasikan dalam pernyataannya bahwa hipotesis meteor memasuki atmosfer kemungkinan besar adalah yang terjadi dan cocok dengan data yang tercatat.
(wbs)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More