10 Fakta Menarik tentang Gila Monster, Kadal Berbisa Penyelamat Nyawa Manusia

Sabtu, 06 Juli 2024 - 09:14 WIB
Gila monster adalah kadal terbesar di Amerika dan dapat tumbuh hingga 56 cm panjangnya, menurut Smithsonian Institution. Mereka dinamai dari Sungai Gila. Foto: ist
ARIZONA - Gila monster, satu-satunya kadal berbisa asli Amerika Serikat dan kadal terbesar di utara perbatasan Meksiko, menyimpan banyak fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui.

Awal tahun ini, seorang pria asal Colorado berusia 34 tahun meninggal dunia. Ternyata, empat hari sebelumnya dia digigit oleh salah satu dari dua Gila monster peliharaannya.

Gila Monster adalah reptil berbisa dari barat daya Amerika Serikat. Gigitan mereka biasanya tidak fatal bagi manusia.



Namun, seorang ahli mengatakan kepada CBS News bahwa korban mungkin menderita reaksi alergi. Kematian manusia terakhir akibat gigitan seperti itu diyakini terjadi pada 1930.

Dr Nick Brandehoff, seorang ahli toksikologi medis dan reptil, mengatakan kepada CBS News Colorado bahwa, “Sebagian besar gigitan Gila Monster hanya menyebabkan pembengkakan dan pendarahan lokal," katanya.

Meski memiliki reputasi yang menakutkan, berikut adalah fakta tentang Gila Monster:

1. Butuh Lingkungan Spesifik

Meski terlihat tangguh, Gila monster rentan dan membutuhkan iklim tertentu. Mereka menyukai kondisi semi-kering, namun tidak hidup di sembarang daerah gurun. Mereka dapat ditemukan di seluruh Barat Daya Amerika Serikat dan barat laut Meksiko, terutama di Arizona dan Sonora.

2. Ekor Penting untuk Kesehatan

Ekor Gila monster, yang bisa mencapai 20% dari panjang tubuhnya yang hampir 50 cm, digunakan untuk menyimpan lemak dan keseimbangan saat berjalan. Lemak di ekornya bahkan dapat menopang hidupnya selama beberapa tahun. Karena fungsinya yang penting, ekor mereka tidak dapat terlepas dan tumbuh kembali seperti kadal lainnya.

3. Cukup Lembut

Meski dikenal hewan ganas, Gila Monster sebenarnya cukup tenang. Mereka adalah "reptil yang pemalu dan tertutup. Gila Monster tidak akan menyerang manusia kecuali diganggu. Mereka cenderung menghindari manusia dan hewan besar, dan akan memberikan peringatan dengan membuka mulut dan mendesis jika merasa terancam.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More