10 Fakta Menarik tentang Gila Monster, Kadal Berbisa Penyelamat Nyawa Manusia

Sabtu, 06 Juli 2024 - 09:14 WIB

4. Gigi Runcing

Gigi Gila monster di rahang atas dan bawahnya tipis dan runcing, karena tujuan utamanya bukan untuk mengunyah, tetapi untuk menangkap dan menahan mangsa. Gigi di rahang bawahnya lebih besar dan berlekuk, yang membantu mengalirkan racun ke korban saat mereka menggigit.

5. Gigitan Serius

Meski jarang, gigitan Gila monster serius dan memerlukan perhatian medis. Gigitannya dilaporkan cukup menyakitkan, dan hewan itu bahkan mungkin menggerakkan rahangnya untuk mendorong racun lebih dalam ke area tersebut.

6. Racun untuk Obat Diabetes

Racun Gila monster mengandung neurotoksin yang tidak mematikan bagi manusia, namun penting diperiksa oleh ahli medis. Menariknya, racun ini digunakan untuk membuat obat diabetes tipe 2. Exendin-4, peptida dalam racun yang membantu memperlambat pencernaan kadal, mirip dengan peptida manusia yang merangsang produksi insulin dan menurunkan gula darah.

7. Hibernasi di Musim Dingin

Gila monster paling aktif selama April dan Mei, saat mereka mudah menemukan makanan, kawin, dan bertelur. Mereka berhibernasi dari November hingga Maret.

8. Makan Beberapa Kali Setahun

Kadal besar ini menyerbu sarang untuk memakan telur dan burung kecil, dan juga dapat menangkap katak dan mamalia kecil dengan gigitannya yang kuat. Mereka juga memakan serangga dan hewan mati yang mungkin mereka temui. Mereka bisa makan dalam porsi besar, hingga sepertiga berat badan mereka dalam sekali makan, dan menyimpan lemak dengan baik.

9. Pendaki Pohon yang Baik

Gila monster dapat dengan mudah memanjat pohon atau kaktus besar, meskipun perilaku ini tidak umum. Cakar panjang mereka terutama digunakan untuk menggali, tetapi juga bisa digunakan untuk memanjat jika merasa terancam atau melarikan diri dari pemangsa.



10. Hidup Selama Puluhan Tahun

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More