Mempertahankan Kualitas Lingkungan dan Keankeragaman Hayati

Jum'at, 05 Juli 2024 - 16:11 WIB
Pembukaan Green Economy Expo: Advancing Technology, Innovation, and Circularity, yang berlangsung 3-5 Juli 2024, di Jakarta Convention Center.. FOTO/ DOK SINDOnews
JAKARTA - Perubahan iklim membawa dampak yang luas dan kompleks bagi lingkungan di Indonesia. oleh karenanya Pemerintah berkomitmen mempertahankan kualitas lingkungan dengan keanekaragaman hayati yang sangat strategis bagi pengembangan ekonomi hijau dan sirkular.



"Indonesia terus mempertahankan kualitas lingkungan, mengingat posisi kita sebagai salah satu negara dengan keanekaragaman hayati tertinggi dan sumber daya alam melimpah. Indeks kualitas lingkungan hidup terus meningkat, mencapai 72,53 poin pada 2023," ungkap Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa saat pembukaan Green Economy Expo: Advancing Technology, Innovation, and Circularity, yang berlangsung 3-5 Juli 2024, di Jakarta Convention Center.



Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga menambahkan potensi kesejahteraan sosial melalui pengembangan ekonomi hijau. "Transformasi ekonomi menuju ekonomi hijau akan fokus pada penciptaan investasi, modal dan infrastruktur, lapangan kerja, dan keterampilan yang lebih berkelanjutan, guna mewujudkan kesejahteraan sosial dan kelestarian lingkungan," jelasnya.

Ekonomi hijau akan menjadi pendorong transisi menuju pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Suharso juga meluncurkan dua dokumen penting, yaitu Peta Jalan dan Rencana Aksi Nasional Ekonomi Sirkular Indonesia, serta Peta Jalan Pengelolaan Susut dan Sisa Pangan.

Upaya untuk mengatasi perubahan iklim dan dampaknya di Indonesia memerlukan komitmen dan tindakan dari berbagai pihak.

Pengurangan emisi gas rumah kaca, hal ini dapat dilakukan dengan beralih ke energi terbarukan, meningkatkan efisiensi energi, dan mengurangi deforestasi.

Melestarikan ekosistem dengan elindungi hutan, terumbu karang, dan lahan basah, serta memulihkan ekosistem yang telah terdegradasi.

Menangani perubahan iklim membutuhkan aksi nyata dan kolaborasi dari semua pihak. Dengan upaya bersama, kita dapat membangun masa depan yang lebih berkelanjutan dan tahan terhadap perubahan iklim.
(wbs)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More