7 Jenis Tumbuhan yang Bisa Buat Mabuk, Salah Satunya Sering Dijadikan Bumbu Dapur

Selasa, 23 Juli 2024 - 09:00 WIB
Tanaman Kecubung (kanan) yang viral karena membuat orang yang mengonsumsinya meninggal. Foto: ist
JAKARTA - Terdapat tujuh jenis tumbuhan yang memabukkan selain ganja. Bahkan ada salah satu tanaman yang kerap dijadikan bumbu dapur di beberapa kalangan masyarakat.

Tumbuhan memabukkan ini mengandung zat-zat kimia tertentu yang mempengaruhi sistem saraf pusat dan menyebabkan efek psikoaktif atau halusinogen. Misalnya saja seperti alkaloid, merupakan senyawa nitrogen organik yang memiliki efek kuat pada sistem saraf manusia.

Selain itu, terdapat pula senyawa lain seperti atropin, nikotin hingga morfin. Senyawa-senyawa ini dapat menyebabkan berbagai efek psikoaktif, dari halusinasi hingga euforia, tetapi juga bisa menimbulkan risiko kesehatan yang serius.



7 Jenis Tumbuhan yang Bisa Buat Mabuk

1. Kanna

Tanaman yang berasal dari Afrika ini kerap digunakan sebagai bahan bius. Cara mengolah tanaman ini juga sangat sederhana, karena saripati yang keluar dapat membuat siapapun merasakan tenang dan mengantuk.

2. Kecubung

Jenis tumbuhan yang bisa buat mabuk selanjutnya ini banyak ditemukan di Asia Tenggara. Efek halusinasi yang dihasilkan dari mengkonsumsi kecubung disebabkan karena adanya senyawa seperti atropin, hiosiami, dan skopolamin yang sifatnya antikolinergik.

3. Teratai Biru

Teratai Biru atau Blue Lotus ini juga mampu menjadi bahan obat penenang. Namun efek samping yang ditimbulkan dari tanaman yang indah ini cukup mengerikan, yakni dapat memicu sesak nafas dan berujung pada kematian.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More