7 Jenis Tumbuhan yang Bisa Buat Mabuk, Salah Satunya Sering Dijadikan Bumbu Dapur

Selasa, 23 Juli 2024 - 09:00 WIB
loading...
7 Jenis Tumbuhan yang...
Tanaman Kecubung (kanan) yang viral karena membuat orang yang mengonsumsinya meninggal. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Terdapat tujuh jenis tumbuhan yang memabukkan selain ganja. Bahkan ada salah satu tanaman yang kerap dijadikan bumbu dapur di beberapa kalangan masyarakat.

Tumbuhan memabukkan ini mengandung zat-zat kimia tertentu yang mempengaruhi sistem saraf pusat dan menyebabkan efek psikoaktif atau halusinogen. Misalnya saja seperti alkaloid, merupakan senyawa nitrogen organik yang memiliki efek kuat pada sistem saraf manusia.

Selain itu, terdapat pula senyawa lain seperti atropin, nikotin hingga morfin. Senyawa-senyawa ini dapat menyebabkan berbagai efek psikoaktif, dari halusinasi hingga euforia, tetapi juga bisa menimbulkan risiko kesehatan yang serius.

7 Jenis Tumbuhan yang Bisa Buat Mabuk

1. Kanna
7 Jenis Tumbuhan yang Bisa Buat Mabuk, Salah Satunya Sering Dijadikan Bumbu Dapur

Tanaman yang berasal dari Afrika ini kerap digunakan sebagai bahan bius. Cara mengolah tanaman ini juga sangat sederhana, karena saripati yang keluar dapat membuat siapapun merasakan tenang dan mengantuk.

2. Kecubung
7 Jenis Tumbuhan yang Bisa Buat Mabuk, Salah Satunya Sering Dijadikan Bumbu Dapur

Jenis tumbuhan yang bisa buat mabuk selanjutnya ini banyak ditemukan di Asia Tenggara. Efek halusinasi yang dihasilkan dari mengkonsumsi kecubung disebabkan karena adanya senyawa seperti atropin, hiosiami, dan skopolamin yang sifatnya antikolinergik.

3. Teratai Biru
7 Jenis Tumbuhan yang Bisa Buat Mabuk, Salah Satunya Sering Dijadikan Bumbu Dapur

Teratai Biru atau Blue Lotus ini juga mampu menjadi bahan obat penenang. Namun efek samping yang ditimbulkan dari tanaman yang indah ini cukup mengerikan, yakni dapat memicu sesak nafas dan berujung pada kematian.

4. Pala

Tanaman yang kerap dijadikan bumbu dapur dan bahkan dijadikan bahan minuman ini rupanya punya efek yang menyerupai ganja saat dikonsumsi sembarangan. Jika dikonsumsi melebihi dosis, maka dapat menyebabkan efek halusinasi parah, dan risiko kejang-kejang hingga kematian.

5. Selada Liar

Selada ini berbeda dari selada yang biasa dikonsumsi, sebab tanaman satu ini dapat memabukkan. Bahkan batang dari tanaman ini digunakan sebagai bahan campuran rokok ilegal di Amerika Serikat.

6. Damiana

Aroma dari bunga tanaman ini dapat membuat siapapun yang menghirup secara berlebihan akan terbius. Tanaman yang banyak ditemukan di daratan tropis ini memang cukup mengerikan. Namun, di beberapa wilayah justru dijadikan campuran teh karena menimbulkan efek manis.

Baca Juga: Mengenal Tanaman Narkoba Kratom dan Berbagai Khasiatnya

7. Hawaiian Baby Woodrose
7 Jenis Tumbuhan yang Bisa Buat Mabuk, Salah Satunya Sering Dijadikan Bumbu Dapur

Jenis tumbuhan yang bisa buat mabuk terakhir ini juga banyak ditemukan di wilayah tropis. Biji dari bunga ini dapat menimbulkan efek mabuk. Bahkan satu biji bunga Hawaiian Baby Woodrose setara dengan empat helai daunganjalebar.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2810 seconds (0.1#10.140)