Kamera Rekam Momen Langka Induk Macan Dahan Kalimantan Bersama Dua Anaknya yang Menggemaskan!

Rabu, 31 Juli 2024 - 07:34 WIB
Hasil rekaman Macan Dahan yang tertangkap kamera memberi harapan bagi para ilmuwan. Foto: Instagram/Orangutan Foundation
KALIMANTAN - Sebuah penampakan langka dari dalam hutan Kalimantan telah memberikan harapan baru bagi para konservasionis bahwa macan dahan, yang termasuk ke dalam spesies rentan, masih bertahan hidup.

Pada April 2024, Yayasan Orangutan dan Taman Nasional Tanjung Puting berhasil merekam video seekor induk macan dahan Borneo bersama dua anaknya yang sedang melompat melalui semak belukar. Salah satu anaknya bahkan berhenti sejenak untuk menatap kamera.

Spesies yang Terancam Punah

Macan dahan Borneo termasuk dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah dari International Union for Conservation of Nature (IUCN).



Salah satu alasan hewan ini terancam punah adalah karena tingkat reproduksi yang rendah; hanya sedikit individu dewasa yang berhasil melahirkan dan membesarkan anak hingga usia dua tahun, di mana mereka baru dapat bergabung dengan populasi pembiakan.

Deforestasi juga telah berdampak buruk pada macan dahan, yang bergantung pada hutan sebagai habitatnya. Yayasan Orangutan menyatakan bahwa lebih dari dua pertiga populasi macan dahan telah terbunuh dalam beberapa tahun terakhir.

Di Instagram, yayasan ini mencatat bahwa ini adalah pertama kalinya rekaman seekor induk macan dahan bersama dua anaknya berhasil didokumentasikan.

"Fakta bahwa populasi macan dahan masih berkembang biak adalah tanda yang sangat menggembirakan," ungkap mereka.

Mengenal Macan Dahan

Macan dahan atau Neofelis nebulosa adalah sejenis kucing berukuran sedang, dengan panjang tubuh mencapai 95 cm. Spesies ini pada umumnya memiliki bulu berwarna kelabu kecoklatan dengan gambaran seperti awan dan bintik hitam di tubuhnya. Karena itu, biasa disebut sebagai clouded leopard atau macan berbulu awan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More