Spesifikasi Rudal Balistik Iskander-1000, Rudal Rusia yang Bakal Disebar ke Eropa

Senin, 05 Agustus 2024 - 13:32 WIB
Spesifikasi Rudal Balistik Iskander-1000. FOTO/ DAILY
LONDON - Rudal Balistik Iskander-1000 milik Rusia kemungkinan akan mulai diproduksi dan disebarkan ke sejumlah wilayah Eropa sebagai respon untuk tindakan Amerika Serikat yang melakukan tindakan serupa.



Menurut media lokal, rudal-rudal tersebut dapat disebarkan di Kaliningrad atau wilayah Smolensk, yang memungkinkan Rusia untuk menargetkan hampir setengah dari negara-negara Eropa.



Rudal Iskander-1000 sendiri pertama kali diperkenalkan pada Mei 2024 melalui sebuah video yang memperingati ulang tahun ke-78 lokasi uji coba rudal Kapustin Yar. Kementerian Luar Negeri Rusia mengonfirmasi dimulainya produksi pada 6 Mei 2024.

Rudal balistik jarak menengah Iskander-1000 yang saat ini sedang dalam tahap pengembangan oleh Biro Desain Bangunan Mesin Rusia (Kolomna). Masih belum ditetapkan secara resmi.

Spesifikasi Rudal Balistik Iskander-1000 (H2)

Rudal Balistik Iskander-1000 didasarkan pada sistem rudal balistik 9K720 Iskander-M yang memiliki jangkauan hingga 1.000 km, atau dua kali lipat jangkauan Iskander-M yang jadi andalan Rusia saat ini.

Rudal ini juga diklaim memiliki hulu ledak yang lebih kuat, dan kemampuan lebih baik untuk menghindari pertahanan udara lawan.

Iskander-1000 diperkirakan mempertahankan tata letak klasik rudal 9M723-1/K5 tetapi dengan peningkatan 10-15 persen dalam volume muatan bahan bakar padat, mesin yang diperbarui, sistem kontrol yang ditingkatkan, dan hulu ledak yang direvisi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More