Temuan 123 Simbol Maya Ungkap Keberadaan Kota Misterius yang Hilang

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 14:54 WIB
Selain K'awiil Ch'ak Chéen, lempengan juga merujuk pada dewa-dewa lain seperti Bolón Tz'akab Ajaw, yang merupakan penguasa dari banyak generasi. Ini menggambarkan bagaimana leluhur dan dewa-dewa dianggap memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat Maya dan keberadaan kota.

Temuan ini tidak hanya menambah pengetahuan tentang Cobá tetapi juga tentang jaringan kota-kota Maya lainnya dan bagaimana mereka saling berhubungan. Prasasti ini memberikan wawasan tentang bagaimana kota-kota Maya menganggap diri mereka dalam konteks sejarah dan keagamaan.

Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko (INAH) sedang melakukan pekerjaan hati-hati untuk mengungkap dan memulihkan monumen-monumen yang tersembunyi di hutan.

Penemuan ini membuka jendela baru untuk penelitian lebih lanjut tentang kehidupan spiritual, politik, dan budaya bangsa Maya.

Penemuan lempengan batu dengan 123 simbol di Cobá adalah salah satu harta karun arkeologi yang memperkaya pemahaman kita tentang peradaban Maya.

Dengan memberikan detail baru tentang sejarah pendirian kota, penguasa, dan aspek spiritual, penemuan ini membantu melengkapi potongan-potongan puzzle dari masa lalu yang kaya dan kompleks.

Upaya untuk memulihkan dan memahami temuan ini akan terus mengungkap lebih banyak tentang salah satu peradaban terbesar dalam sejarah manusia.
(wbs)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More