Laba-Laba Terbesar di Dunia: Inilah Goliath Birdeater dari Hutan Amazon

Jum'at, 30 Agustus 2024 - 20:00 WIB
Bertentangan dengan namanya, Goliath birdeater tidak sering memakan burung, meskipun ukurannya yang besar memungkinkannya untuk melakukannya.

Namanya sebenarnya berasal dari ukiran abad ke-18 yang menunjukkan seekor tarantula sedang memakan burung kolibri, menurut National Geographic.

Sebaliknya, makanan laba-laba ini terutama terdiri dari serangga, meskipun katak dan hewan pengerat juga harus waspada terhadap Goliath birdeater karena mereka juga merupakan bagian dari makanannya.

Untuk menangkap mangsanya, laba-laba ini harus menerkam dari atas dan menyuntikkan racun dari taringnya yang panjang ke dalam makanannya.

Fakta Menarik Laba-laba Goliath birdeater:

- Meskipun Goliath birdeater memiliki delapan mata, ia tidak dapat melihat dengan baik. Alih-alih mengandalkan penglihatan untuk melihat predator, ia malah menggunakan rambut sensitif getaran di kakinya untuk memperingatkan dirinya akan bahaya.

- Untuk mempertahankan diri dari predator, yang meliputi mamalia dan ular tertentu, Goliath birdeater menggosokkan kakinya, yang mengirimkan rambut dengan duri kecil yang menyengat ke penyerangnya.



- Selain itu, menggosokkan rambutnya bersama-sama menciptakan suara mendesis yang dapat didengar dari jarak 15 kaki (sekitar 4,5 meter), menurut Smithsonian's National Zoo & Conservation BiologyInstitute.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More