Bikin Israel Ketar-ketir, Ini Daftar Jet Tempur dan Helikopter Iran

Rabu, 04 September 2024 - 20:15 WIB
Kekuatan Angkatan Udara Republik Islam Iran tak bisa dipandang sebelah mata. Foto/24/7 Wall St. Insights
JAKARTA - Kekuatan Angkatan Udara Republik Islam Iran (IRIAF) tak bisa dipandang sebelah mata. Mereka memiliki deretan jet tempur canggih serta helikopter-helikopter mumpuni yang tak hanya andal menjaga wilayah udara tapi juga bisa digunakan untuk menyerang Israel.

Armada udara ini mayoritas diproduksi secara domestik memanfaatkan teknologi buatan Rusia, China, dan Amerika, sebagai imbas sanksi internasional paska Revolusi Iran pada tahun 1979. Merujuk pada Operasi Kaman 99, serangan udara terbesar Iran selama perang dengan Irak, mereka memiliki kekuatan lebih dari 140 pesawat tempur.

Kekuatan udara ini juga didukung dengan besarnya pasukan yang dimiliki Iran. Pada 2023, International Institute for Strategic Studies (IISS) memperkirakan Iran memiliki pasukan aktif sebesar 787.000 personel. Tak heran, Global Fire Power mengakui Iran termasuk dalam 15 kekuatan militer global teratas.



Mengutip data dari World Air Forces 2024 dari FlightGlobal, berikut deretan jet tempur dan helikopter Iran, dilansir dari 24/7 Wall St. Insights :

1. Jet tempur F-4D/E/RF-4E



Iran diperkirakan memiliki 63 unit pesawat tempur serang F-4D/E/RF-4E. Jet tempur ini mampu terbang hingga 1.473 mph dengan persenjataan meriam M61 Vulcan 20 mm, rudal Skyflash, rudal Sparrow, rudal Sidewinder, pod roket, pod senjata, bom jatuh konvensional, dan bom pandu.

2. Jet tempur F-14



Jumlah pesawat tempur F-14 yang dimiliki Iran diperkirakan mencapai 41 unit. Pesawat ini memiliki kecepatan maksimum 1.544 mph dan dilengkapi dengan persenjataan senapan Gatling internal 20 mm, rudal Phoenix, rudal Sparrow, rudal Sidewinder, bom jatuh konvensional, dan bom pandu.

3. Helikopter CH-47C

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More