Tawon Chestburster Terlahir dari Lalat Mississippi Kejutkan Ilmuwan

Selasa, 17 September 2024 - 23:21 WIB
Tawon Chestburster Terlahir...
Tawon Chestburster. FOTO/ TNT
LONDON - Penemuan terbaru dalam dunia entomologi menyoroti temuan mengejutkan tentang spesies tawon parasitoid yang baru ditemukan, Syntretus perlmani.

BACA JUGA - 5 Perbedaan Tawon dan Lebah, Jangan Tertukar Lagi

Tawon ini memulai siklus hidupnya dengan cara yang belum pernah dicatat sebelumnya di dalam perut lalat buah dewasa.

Seperti dilansir dari Science Alert, temuan ini bukan hanya menarik tetapi juga memberikan wawasan baru tentang perilaku dan adaptasi tawon parasitoid.

Tawon baru yang ditemukan diberi nama Syntretus perlmani. Penemuan ini sangat signifikan karena menunjukkan perilaku parasitisme yang belum pernah terdokumentasi sebelumnya di antara tawon parasitoid.

Penemuan ini terjadi di Mississippi, saat tim peneliti menangkap lalat buah (Drosophila affinis) menggunakan perangkap. Mereka awalnya mencari infeksi nematoda, namun menemukan larva tawon parasitoid di perut lalat dewasa.

Sementara tawon parasitoid biasanya meletakkan telur di dalam larva atau nimfa serangga, Syntretus perlmani adalah satu-satunya spesies yang diketahui melakukan ini di dalam lalat buah dewasa.

Ini adalah sesuatu yang belum pernah terlihat sebelumnya di subfamili Euphorinae, yang mencakup tawon parasitoid yang menginfeksi berbagai jenis serangga.

Setelah telur tawon diletakkan di dalam lalat, larva berkembang di dalam perut lalat selama sekitar 18 hari. Selama periode ini, lalat inang tetap aktif. Larva tawon akhirnya mengunyah jalan keluar dari tubuh lalat, dan berkembang menjadi kepompong di luar tubuh inangnya.

Begitu dewasa, tawon betina keluar dari kepompong dan mulai mencari lalat dewasa untuk bertelur, melanjutkan siklus hidupnya. Dalam waktu 24 jam setelah kemunculannya, tawon betina akan meletakkan telur di dalam lalat baru, memulai proses infeksi lagi.