Kehebatan Rudal Balistik Fath-360 Iran, Bikin Ukraina dan Sekutu Kalang Kabut

Kamis, 12 September 2024 - 07:32 WIB
"Misalnya, jika mereka telah mengidentifikasi pangkalan logistik, atau depot, aset udara, atau sistem pertahanan udara dalam jarak 120 kilometer dari garis depan, dan ingin menyerang segera, maka jenis sistem ini sangat berguna," kata Fabian Hinz, peneliti pertahanan dan analisis militer International Institute for Strategic Studies.

"Mereka memiliki waktu reaksi yang sangat singkat, sangat cepat, jauh lebih cepat daripada UAV."



Menurut Hinz, mendapatkan Fath-360 berarti Rusia sekarang bebas untuk menyimpan rudalnya yang lebih mahal dan jarak jangkauannya lebih jauh seperti Iskander, untuk serangan jarak jauh ke Ukraina.

Tetapi bukan hanya target militer Ukraina yang berada dalam jangkauan rudal Fath-360, kota-kota seperti Kharkiv dan Sumy, keduanya berjarak hanya 30 kilometer dari perbatasan Rusia, juga berada dalam bidiknya.

Apa yang dapat dilakukan Ukraina untuk menghadapinya?



Lebih banyak rudal balistik di tangan pasukan Rusia menghadirkan masalah besar bagi Ukraina. Karena kecepatannya yang tinggi, hanya sistem pertahanan udara paling canggih yang mampu menembaknya jatuh, sistem Patriot buatan AS salah satunya.

Melindungi kota-kota Ukraina dari serangan rudal balistik jarak pendek berarti hanya area yang relatif kecil perlu dijangkau, tetapi peningkatan serangan semacam itu di sepanjang garis depan akan meregangkan pertahanan udara yang sudah tegang.

Ukraina saat ini memiliki setidaknya empat Patriot, sementara Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan membutuhkan 25 unit untuk melindungi langit di seluruh negeri. Ada harga sangat mahal yang harus dibayar. Satu rudal pencegat Patriot dapat berharga USD2 juta hingga USD4 juta.

Iran akan membayar harga yang mahal untuk langkah ini. AS, Inggris, Prancis, dan Jerman sudah mengumumkan sanksi lebih lanjut dalam sebuah pernyataan bersama pada 10 September.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More