Tidak Tahu Kapan Waktu Tidur di Planet Ini, Siang dan Malam Abadi

Jum'at, 27 September 2024 - 06:15 WIB
Mereka memiliki bioritme tetapi tidak terkait dengan cahaya. Misalnya, tikus mol telanjang hidup di bawah tanah dan tidak pernah terpapar sinar matahari. Namun, mereka memiliki jam sirkadian tetapi yang disesuaikan dengan siklus suhu dan curah hujan harian dan musiman. Kerang laut dalam dan udang ventilasi panas melakukan sinkronisasi dengan pasang surut laut.

Makalah tersebut mengatakan bahwa planet-planet tersebut mungkin juga mengembangkan bioritme yang disinkronkan dengan siklus tersebut. Di planet-planet yang terkunci pasang surut, kontras antara sisi siang dan sisi malam tampaknya menghasilkan semburan angin dan gelombang atmosfer yang cepat.

Ketika unsur-unsur ini berinteraksi satu sama lain, iklim berubah ke berbagai kondisi, yang menyebabkan siklus suhu, kelembaban, dan curah hujan yang teratur. Jadi, meskipun planet ini tetap, lingkungannya berubah.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam The Conversation, terdapat antara 100 miliar hingga 400 miliar bintang di Bima Sakti. Sebagian besar bintang tersebut adalah katai merah dingin, yang juga dikenal sebagai katai M.

Menurut sebuah studi tahun 2013, 41 persen bintang katai M memiliki planet yang mengorbit di zona "Goldilocks", yaitu jarak di mana planet tersebut memiliki suhu yang tepat untuk mendukung keberadaan air cair.

Planet berbatu yang mengorbit zona layak huni bintang katai-M disebut Bumi-M. Karena bintang katai-M jauh lebih dingin daripada Matahari kita, planet-planet tersebut berada sangat dekat, sehingga tarikan gravitasi bintang terhadap planet tersebut sangat kuat.

Karena gravitasi bintang menarik lebih kuat ke sisi dekat planet daripada sisi jauhnya, putaran planet melambat. Ini berarti sebagian besar Bumi-M mungkin terkunci pasang surut, dengan satu belahan selalu menghadap matahari sementara yang lain selalu membelakangi matahari.

Hal yang sama juga terjadi pada Bulan, yang terkunci secara pasang surut dengan Bumi, itulah sebabnya kita tidak pernah melihat sisi terjauh dari satelit bulan kita. Planet terdekat dengan Bumi adalah Proxima Centauri b yang terletak di Alpha Centauri.