Cincin Emas, Koin Perak dan Bros Era Romawi Ditemukan di Inggris

Senin, 30 September 2024 - 07:00 WIB
Cincin emas yang ditemukan di Inggris. Foto/Orbit Homes
JAKARTA - Sejumlah artefak seperti cincin emas, koin perak dan puluhan bros dari era zaman besi, Romawi , dan abad pertengahan berhasil ditemukan di lokasi pengembangan perumahan di wilayah Stonham Aspal, Inggris.

Artefak-artefak tersebut ditemukan selama penggalian yang dilakukan oleh Pre-Construct Archaeology menjelang pembangunan perumahan di desa Stonham Aspal, Inggris, yang dikelola oleh pengembang rumah Orbit Homes.

Temuan-temuan tersebut di antaranya cincin emas abad pertengahan, koin perak dari periode yang sama, dan lebih dari 40 bros dari Zaman Besi dan era Roma. Para arkeolog juga menemukan bejana tembaga-paduan Roma yang langka yang berasal dari abad pertama Masehi.



Dilansir dari Newsweek, Senin (30/9/2024) kekaisaran Roma menaklukkan sebagian besar Inggris pada abad pertama. Wilayah penaklukan tersebut, yang dihuni oleh suku-suku Celtic, menjadi provinsi Roma Britannia, yang ada hingga abad ke-5.



Situs tempat artefak ditemukan, Homestead Park, adalah tempat pengembang Orbit Homes berencana membangun 46 rumah baru. Tetapi tempat tersebut tampaknya memiliki sejarah panjang sebagai lokasi perumahan.

Diperkirakan sejumlah rumah Zaman Besi Akhir dan era Roma pernah berdiri di lokasi tersebut, dengan yang paling awal berasal dari sekitar 50 SM. Para ahli meyakini pendudukan situs tersebut terutama terkait dengan kegiatan pertanian.

"Sangat menakjubkan dapat mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Stonham Aspal dari penemuan-penemuan di Homestead Park. Kami melibatkan Pre-Construct Archaeology sebagai bagian dari program pra-konstruksi yang kami lakukan di setiap situs dan kami senang melihat para arkeolog menemukan temuan-temuan yang menarik seperti itu, yang mungkin dapat terkubur selama bertahun-tahun," kata Andy Georgiou, direktur penjualan dan pemasaran Orbit Homes.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More