Ilmuwan Temukan Permainan Kuno Berusia 4.000 Tahun

Minggu, 22 September 2024 - 09:44 WIB
loading...
Ilmuwan Temukan Permainan...
Permainan Kuno Berusia 4.000 Tahun. FOTO/ DAILY
A A A
KAIRO - Penemuan artefak permainan papan kuno di Azerbaijan memberikan wawasan menarik tentang interaksi sosial manusia ribuan tahun lalu.

BACA JUGA - 13 Peninggalan Kebudayaan Kerajaan Mataram Kuno

Enam desain yang diukir di batu, berasal dari sekitar 2000 SM, mirip dengan pola permainan Hounds and Jackals, menantang asumsi bahwa permainan ini berasal dari Mesir.

Menurut arkeolog Walter Crist dan Rahman Abdullayev, kemungkinan besar permainan ini muncul di Asia Barat Daya, menunjukkan koneksi budaya yang lebih luas.

"Pada waktu-waktu tertentu di zaman kuno, permainan tertentu populer secara regional, yang menunjukkan bahwa permainan tersebut membantu menghubungkan budaya-budaya yang secara teratur berinteraksi satu sama lain," tulis Crist dan Abdullayev dalam makalah mereka seperti dilansir dari Science Alert.

Temuan ini menyoroti peran permainan papan dalam membangun ikatan sosial, baik antar individu maupun antar kelas sosial, dan mencerminkan bagaimana permainan dapat menyatukan berbagai kelompok budaya.

Sejarah permainan papan menunjukkan bahwa mereka telah ada sejak lama dan kemungkinan telah menyebar luas, menjadi sarana penting untuk interaksi dan koneksi sosial.

Penemuan ini memperkaya pemahaman kita tentang bagaimana manusia dari berbagai zaman berinteraksi melalui permainan.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1324 seconds (0.1#10.140)