Ngebut dari New York ke London Cuma 60 Menit? Ini Stargazer, Jet Hipersonik Tercepat di Dunia!

Rabu, 09 Oktober 2024 - 08:57 WIB
Pengembangan jet hipersonik seperti Stargazer menandai era baru dalam penerbangan komersial. Foto: Venus Aerospace
AMERIKA - Setelah pesawat terbang supersonik Concorde pensiun, belum ada lagi pesawat berkecepatan tinggi yang dirilis untuk komersial. Itu, sebelum kehadiran Stargazer yang rencananya akan beroperasi tahun depan.

Stargazer sedang dibangun oleh Venus Aerospace, perusahaan yang berbasis di Texas, Amerika Serikat. Mereka berambisi menciptakan pesawat penumpang tercepat di dunia.

Jika jet ini berhasil diwujudkan, diperkirakan ia akan mampu melesat dengan kecepatan 4.600 mil per jam (7.403 km/jam). Ini tidak hanya akan menjadikannya pesawat penumpang tercepat di dunia saat ini, tetapi juga akan melampaui Concorde, salah satu pesawat supersonik tercepat sepanjang masa, dengan selisih lebih dari 2.500 mil per jam (4.023 km/jam).



New York ke London dalam 60 Menit!

Sebagai gambaran kecepatannya, bayangkan perjalanan melintasi Samudra Atlantik dari New York City ke London. Jika biasanya memakan waktu sekitar tujuh jam, Stargazer hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam!

Biaya Pengembangan yang Fantastis

Namun, inovasi luar biasa ini diiringi dengan biaya yang fantastis. Tim Venus Aerospace telah mengumpulkan dana sebesar USD33 juta (Rp518 miliar) untuk membangun Stargazer dan mesinnya, yang disebut Venus Detonation Ramjet 2000 lb Thrust Engine, atau disingkat VDR2.

"Kami tidak sabar untuk mulai bekerja, menerbangkan pesawat pertama, dan pada akhirnya menyempurnakan konsep mesin yang sebagian besar hanya ada di buku teks tetapi tidak pernah menjadi unit produksi ," beber Eric Briggs, COO Valentra, perusahaan yang bermitra dengan Venus Aerospace.

Uji Coba Penerbangan pada 2025

Meskipun jadwal peluncuran jet itu sendiri masih belum diketahui, mesinnya dilaporkan akan segera diuji coba. Kemampuan VDR2 akan diungkap secara resmi pada tahun 2025, ketika sebuah drone uji hipersonik melakukan penerbangan pertama.

Bukan Satu-Satunya Jet Hipersonik

Stargazer bukanlah satu-satunya jet kecepatan tinggi yang sedang dikembangkan. NASA dan Boom Supersonic juga sedang mengerjakan pesawat supersonik yang serupa, meskipun sedikit lebih lambat.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More