Dari Typhoon hingga Tornado, Inilah 5 Jet Tempur Andalan Inggris

Jum'at, 14 Juni 2024 - 08:03 WIB
loading...
Dari Typhoon hingga Tornado, Inilah 5 Jet Tempur Andalan Inggris
Inggris menjadi salah satu negara dengan militer terkuat di dunia, memiliki berbagai jenis pesawat jet tempur canggih. Foto: Wikipedia
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jet tempur andalan Inggris yang menarik diketahui. Masing-masing di antaranya punya kemampuan berbeda dan dapat diterjunkan untuk banyak misi.

Pada statusnya, Inggris menjadi salah satu negara dengan militer terkuat di dunia. Tak hanya tentara, kemampuannya didukung berbagai senjata berkekuatan mumpuni.

Sebagai contoh, bisa disebutkan dalam hal jet tempur. Inggris punya beragam jenis jet tempur yang menjadi andalannya untuk menjalankan misi. Berikut ini di antaranya.

Jet Tempur Andalan Inggris

1. Eurofighter Typhoon
Dari Typhoon hingga Tornado, Inilah 5 Jet Tempur Andalan Inggris

Royal Air Force (RAF) telah menggunakan berbagai jet tempur dalam sejarahnya. Saat ini, senjata utamanya adalah Eurofighter Typhoon.

Mengutip AeroCorner, Eurofighter Typhoon diperkenalkan pada 2003. Jet tempur multi peran ini diklaim mampu melakukan berbagai misi, mulai dari pertempuran udara hingga pertempuran darat dengan superioritas udara menjadi fokus utamanya.

Pada spesifikasinya, varian standar Eurofighter Typhoon membawa mesin Eurojet EJ200. Bekal tersebut membuatnya mampu mencapai radius tempur 1.390 km dan kecepatan maksimal hingga 2.125 km/jam.

Beralih ke senjata, jet tempur ini dipadukan dengan meriam Mauser BK 27mm. Selain itu, ada sekitar 13 cantelan yang bisa digunakan untuk mengangkut persenjataan lain sesuai peran atau misinya.

Misalnya dalam misi dukungan serangan darat, jet tempur ini bisa melengkapinya dengan rudal AMRAAM, ASRAAM hingga rudal anti-armor Brimstone. Sementara untuk beberapa varian terbarunya, Eurofighter Typhoon dapat membawa rudal jelajah hingga bom berpemandu.

2. Lockheed Martin F-35B Lightning II
Dari Typhoon hingga Tornado, Inilah 5 Jet Tempur Andalan Inggris

F-35B Lightning II sejatinya adalah varian F-35 Lockheed Martin yang diproduksi untuk Angkatan Udara Amerika Serikat. Sebagaimana diketahui, jet tempur tersebut menjadi salah satu yang paling mumpuni di era sekarang.

Lightning II dirancang sebagai jet tempur bermesin tunggal berkemampuan siluman. Kemampuan lainnya yang menonjol adalah cocok untuk misi superioritas udara hingga pertempuran udara ke darat.

Pada operasinya, jet tempur ini dapat mendarat dan dikerahkan dari kapal induk. Royal Air Force (RAF) sendiri pernah membuatnya menaiki HMS Queen Elizabeth pada 2019.

3. British Aerospace Sea Harrier
Dari Typhoon hingga Tornado, Inilah 5 Jet Tempur Andalan Inggris

Berikutnya ada British Aerospace Sea Harrier. Jet tempur ini dioperasikan oleh Royal Navy atau Angkatan Laut Britania Raya.

Pada penggunaannya, Sea Harrier bisa lepas landas dan mendarat di kapal induk. Hal ini pernah dilakukan dalam pertempuran selama Perang Falklands.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1474 seconds (0.1#10.140)
pixels