Sungai dan Laguna Tiba-tiba Muncul di Gurun Sahara yang Tandus

Kamis, 10 Oktober 2024 - 14:44 WIB
Gurun Sahara dialiri sungai.FOTO/ ITM
NEW MEXICO - Gurun Sahara yang gersang di tenggara Maroko adalah salah satu tempat terkering di dunia dan jarang mengalami hujan di akhir musim panas,



Biasanya, gurun menerima curah hujan kurang dari 250 milimeter per tahun.



Namun, badai baru-baru ini membawa lebih banyak hujan ke gurun dibandingkan beberapa dekade lalu.

Akibatnya muncul sungai dan laguna sehingga mengubah geografi Gurun Sahara yang merupakan salah satu tempat terkering di dunia.

Pemerintah Maroko mengatakan curah hujan dua hari pada bulan lalu berada di atas rata-rata curah hujan tahunan di beberapa wilayah gurun termasuk Tata.

“Kami pernah mengalami situasi seperti ini (hujan lebat) dalam waktu singkat tetapi ini terjadi lebih dari 50 tahun yang lalu,” kata Manajer Komunikasi Departemen Meteorologi Maroko, Houssine Youabeb.

Sementara di Desa Tagounite yang terletak sekitar 451 kilometer selatan Rabat, tercatat curah hujan lebih dari 100 milimeter dalam kurun waktu 24 jam. Maroko sebelumnya pernah mengalami kekeringan selama enam tahun berturut-turut.

Fenomena unik bukan pertama kali terjadi, dilansir dari Daily Mail, salju pernah terbentuk di Gurun Sahara pada Januari 2022. Foto salju di Gurun Sahara ini ditangkap oleh fotografer Karim Bouchetata di kota Ain Sefra di barat laut Aljazair.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More