Lebih Dulu Ayam atau Telur? Ini Jawaban Ilmiahnya

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 16:06 WIB


Jadi, dalam istilah evolusi apa pun, telur pasti muncul sebelum ayam.Meskipun itu mungkin tampak seperti pukulan telak bagi kubu ayam, ini hanyalah salah satu cara untuk menafsirkan pertanyaannya. "Tergantung pada bagaimana menafsirkan pertanyaannya, kedua jawaban bisa benar," kata Dr Mather.

Alih-alih bertanya apakah ayam atau telur berevolusi terlebih dahulu, versi pertanyaan yang lebih klasik adalah bertanya apakah ayam atau telur ayam muncul terlebih dahulu. Teka-teki yang jelas adalah kita mungkin berpikir ayam hanya bisa menetas dari telur ayam yang, tentu saja, hanya bisa diletakkan oleh ayam lain.

Aristoteles, salah satu pemikir pertama yang bergulat dengan perdebatan ayam vs telur, melihatnya sebagai contoh dari regresi tak terbatas - ayam yang menetas dari telur yang diletakkan oleh ayam sepanjang waktu. Namun, berkat pemahaman modern kita tentang evolusi, kita tahu ini tidak demikian.

Spesies seperti ayam bukanlah blok yang tidak berubah yang ada untuk selamanya tetapi struktur sementara yang disatukan oleh arus evolusi yang berputar-putar. Ini berarti akan ada saat ketika populasi burung liar berhenti menjadi unggas hutan dan mulai menjadi ayam.

Dr Mather mengatakan ayam sejati pertama akan menetas dari telur yang diletakkan oleh unggas hutan merah yang sebagian dijinakkan. Dengan kata lain, ayam sejati pertama akan menetas sebelum telur ayam sejati diletakkan. Dia menyimpulkan jika pertanyaan tersebut ditafsirkan sebagai mengacu pada telur ayam, maka jawabannya adalah ayam .
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More