Columbus Divonis Orang Yahudi dari Spanyol, Ini Bukti Ilmiahnya

Minggu, 13 Oktober 2024 - 06:46 WIB
Lukisan Christopher Columbus. FOTO/ WION NEWS
MADRID - Jasad Christopher Columbus , pria yang dikenal sebagai "penemu" Amerika, kini telah ditemukan. Pengujian genetik telah mengonfirmasi bahwa sebagian jenazah Columbus berada di dalam peti jenazah yang rumit di Katedral Seville di Spanyol.

BACA JUGA - Demonstran AS Tumbangkan Patung Columbus dan Dibuang di Danau

Pakar medis forensik José Antonio Lorente, yang mempelajari jenazah tersebut, mengonfirmasinya pada hari Kamis.



Lorente merupakan bagian dari tim ilmuwan di Universitas Granada yang mengidentifikasi jenazah tersebut. Para peneliti mengambil sampel dari putra Columbus, Fernando, dan salah satu saudaranya, lalu mempelajarinya untuk mencapai kesimpulan.

Mengungkapkan berita tersebut, Lorente mengatakan dalam sebuah konferensi pers, "Hari ini, berkat teknologi baru, teori parsial sebelumnya bahwa sisa-sisa di Seville adalah milik Christopher Columbus telah dikonfirmasi secara definitif."

Columbus meninggal pada tahun 1506 di wilayah yang kini termasuk Spanyol. Akan tetapi, catatan sejarah menunjukkan bahwa ia ingin dimakamkan di pulau Hispaniola, yang kini merupakan Haiti dan Republik Dominika. Jadi, jenazahnya kemudian dibawa ke wilayah tersebut pada tahun 1542.

Beberapa jenazahnya dipindahkan ke Kuba pada tahun 1795. Namun, Spanyol kehilangan kendali atas Kuba dalam Perang Spanyol-Amerika, setelah itu jenazah-jenazah tersebut dipindahkan ke Seville pada tahun 1898.

Ada spekulasi mengenai lokasi jenazah tersebut selama seabad terakhir. Para ahli telah memperdebatkan apakah semua jenazah Columbus dibawa ke Seville untuk tempat peristirahatan terakhirnya yang resmi atau apakah sebagian atau semuanya masih berada di Republik Dominika secara tidak resmi.

Penggalian Katedral Santo Domingo di Republik Dominika pada tahun 1877 menemukan sebuah kotak timah kecil berisi fragmen tulang tak lengkap yang diberi label milik Columbus. Sisa-sisa tulang tersebut dimakamkan di Mercusuar Columbus di Santo Domingo Este.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More