NASA Siap Tangkap Makhluk Asing di Planet Jupiter, Begini Persiapannya

Selasa, 15 Oktober 2024 - 15:32 WIB
Planet Jupiter. FOTO/ IFL SCIENCE
LONDON - Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) berhasil meluncurkan misi untuk menemukan ' makhluk asing ' di bulan terbesar keempat di planet Jupiter.

Misi tersebut diluncurkan menggunakan pesawat luar angkasa Europa Clipper. Ia lepas landas dari Kennedy Space Center di Florida pada pukul 12:08 (waktu setempat) dengan roket SpaceX Falcon.

Seperti dilansir dari Daily Mail, proyek senilai USD5,2 miliar ini akan menempuh jarak 2,89 miliar kilometer dari Bumi ke bulan Europa.

Europa telah lama menjadi kandidat utama untuk misi menemukan 'kondisi yang cocok untuk kehidupan' karena memiliki lautan air cair di bawah permukaan esnya.

“Eropa adalah salah satu tempat paling cocok untuk mencari kehidupan di luar Bumi,” kata pejabat NASA, Gina DiBraccio.

Pesawat luar angkasa Clipper dirancang untuk membantu NASA mengetahui apakah Europa memiliki bahan-bahan yang diperlukan agar kehidupan bisa ada di bulan.

Para ilmuwan sebelumnya telah menentukan bahwa agar sebuah planet dapat memiliki kehidupan, diperlukan tiga bahan utama.

Suhulah yang memungkinkan keberadaan air cair, keberadaan molekul berbasis karbon, dan masukan energi seperti sinar matahari.

NASA yakin Europa memiliki semua 'bahan' yang memungkinkan adanya kehidupan di bulan-bulan Jupiter.