Terungkap, Penampakan Langka Bulan Io Jupiter 

Rabu, 03 Januari 2024 - 16:59 WIB
loading...
Terungkap, Penampakan Langka Bulan Io Jupiter 
Bulan Io merupakan benda paling aktif secara vulkanik di tata surya dan memiliki ratusan gunung berapi aktif. (Foto: NASA)
A A A
JAKARTA - Penampakan Bulan Io yang letaknya terdekat dengan planet Jupiter sangat jarang terlihat. Ada momen khusus yang tertangkap kamera pesawat ruang angkasa Juno.

Berkat pesawat luar angkasa Juno milik NASA yang melewati bulan tersebut pada 30 Desember 2023, penampakan Bulan Io terungkap. Pesawat yang telah mengorbit Jupiter sejak 2016 telah mengambil gambar Io semakin dekat dalam beberapa bulan terakhir karena jalurnya mengelilingi Jupiter berubah.

Dilansir dari New Scientist, Rabu (3/1/2024), gambar terbaru ini diambil hanya berjarak 1.500 kilometer di atas permukaan bulan. Di dalamnya, beberapa gunung tinggi Bulan Io terlihat. Tingginya dapat mencapai lebih dari 10 kilometer beserta bayangan panjangnya.

Bulan Io dianggap sebagai benda paling aktif secara vulkanik di tata surya dan memiliki ratusan gunung berapi aktif. Gunung berapi ini cenderung lebih kecil dari gunung terbesar, dengan rata-rata hanya mencapai 1-2 kilometer tingginya, dan sulit terlihat dalam gambar.



Namun, dengan membandingkan gambar dan data dari 56 kali terbang mendekati bulan Io oleh Juno sebelumnya, para astronom dapat mempelajari bagaimana gunung-gunung berapi ini bervariasi dari waktu ke waktu dan mengapa mereka begitu aktif.

Juno juga telah menyelidiki bulan-bulan lain Jupiter, termasuk Europa dan Ganymede, mengumpulkan data dan mengambil gambar terdekat sejak pesawat luar angkasa Galileo milik NASA mengunjungi area tersebut pada tahun 2001. Pada bulan Februari, Juno akan melakukan terbang mendekat yang sangat dekat lagi, sekitar 1500 kilometer di atas permukaan Io.



Juno dijadwalkan akan berhenti orbit ke Jupiter menjelang akhir 2025, atau setelah melewati Io tujuh kali lagi. Tetapi itu bukanlah akhir dari pembelajaran tentang bulan di Jupiter. Pesawat luar angkasa Europa Clipper milik NASA, yang dijadwalkan diluncurkan pada bulan Oktober tahun ini, dirancang untuk melintasi jarak 25 kilometer di atas permukaan Europa.

Pesawat ini akan memberikan informasi kunci tentang samudra dalam misterius, yang dianggap sebagai salah satu tempat paling menjanjikan untuk kehidupan di tata surya. Pesawat luar angkasa tersebut diharapkan akan tiba pada 2030.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2718 seconds (0.1#10.140)