China Deteksi Keberadaan Kutu yang Menyebarkan Virus seperti Covid-19

Kamis, 17 Oktober 2024 - 09:18 WIB
Sejauh ini, virus lahan basah hanya ditemukan di wilayah timur laut Tiongkok. Namun, spesies kutu yang terlibat dalam penularannya memiliki distribusi yang jauh lebih luas di seluruh Eropa dan Asia, sehingga kemungkinan besar virus tersebut jauh lebih luas penyebarannya.

Survei terhadap kutu dan ternak, dan bahkan pasien dengan demam yang tidak dapat dijelaskan, di tempat lain di Asia dan di Eropa dapat mengonfirmasi hal ini.

Jadi mengapa saat ini kita tampaknya menemukan banyak penyakit baru yang ditularkan melalui kutu?

Pertama, banyak penyakit yang ditularkan melalui kutu memiliki gejala yang tidak spesifik seperti demam, sakit kepala, dan kelelahan, sehingga mudah disalahartikan sebagai penyakit umum lainnya. Lebih jauh lagi, penyakit yang ditularkan melalui kutu tidak menular, jadi tidak terjadi dalam epidemi dramatis seperti COVID atau flu.

Jika digabungkan, karakteristik ini membuat menemukan penyakit yang ditularkan melalui kutu untuk pertama kalinya menjadi sangat sulit. Namun, teknik sekuensing genetik baru, termasuk yang digunakan untuk mengidentifikasi virus lahan basah, telah mempermudah menemukan patogen baru.

Kedua, bahkan jika patogen baru terdeteksi pada pasien, menghubungkannya dengan kutu tidak selalu mudah. Banyak orang digigit kutu tanpa mengetahuinya.

Kutu yang tidak diberi makan berukuran kecil dan sering menempel pada kulit kita di tempat-tempat yang sulit diperiksa, seperti bagian belakang kaki kita. Selain itu, kita tidak “merasakan” gigitan kutu dengan cara yang sama seperti, katakanlah, gigitan nyamuk. Banyak pasien yang mengidap penyakit yang ditularkan melalui kutu tidak ingat pernah digigit.

Faktor-faktor ini mempersulit untuk menentukan apakah penyakit yang ditularkan melalui kutu benar-benar meningkat, atau apakah kita hanya perlu meningkatkan pengawasan dan diagnosis.

Selain menemukan penyakit baru yang ditularkan melalui kutu, kita juga melihat distribusi penyakit yang ditularkan melalui kutu yang sudah ada berubah. Ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi, salah satunya adalah perubahan iklim.

Aktivitas kutu sangat dipengaruhi oleh suhu dan kelembapan, sehingga perubahan iklim dapat memengaruhi kapan kutu aktif dan menciptakan kondisi yang memungkinkan kutu berkembang biak di area yang sebelumnya tidak cocok untuknya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More