Panas Ekstrem Terus Berlanjut, Krisis Air Mengancam Separuh Hasil Pertanian di Dunia

Kamis, 17 Oktober 2024 - 20:00 WIB
Kekeringan Besar yang Melanda Australia di Masa Depan. FOTO/ DAILY
SIDNEY - Jika manusia tidak bertindak lebih berani dan segera, siklus air yang semakin tidak seimbang akan mendatangkan malapetaka pada perekonomian dan masyarakat di seluruh dunia .



Menurut laporan bertajuk, Ekonomi Air: Menilai Siklus Hidrologi sebagai Kebaikan Bersama Global, krisis air mengancam lebih dari separuh produksi pangan dunia pada tahun 2050, lapor Xinhua.



Krisis ini juga mengancam negara-negara di seluruh dunia dengan kerugian rata-rata 8 persen PDB pada tahun 2050, dengan kerugian sebesar 15 persen di negara-negara berpendapatan rendah dan dampak ekonomi yang lebih besar setelahnya, menurut laporan Komisi Global Ekonomi Air.

Laporan ini menekankan bahwa kelemahan ekonomi, kerusakan penggunaan lahan, dan kesalahan pengelolaan sumber daya air yang tidak efisien telah memperburuk krisis iklim, sehingga menyebabkan siklus air global berada di bawah tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Hampir 3 miliar orang dan lebih dari separuh produksi pangan dunia berada di wilayah yang mengalami kekeringan, atau tren ketersediaan air yang tidak stabil. Selain itu, beberapa kota juga tenggelam karena hilangnya air bawah tanah, menurut laporan tersebut.

“Saat ini, separuh populasi dunia menghadapi kelangkaan air. Ketika sumber daya penting ini semakin langka, ketahanan pangan dan pembangunan manusia berada dalam risiko – dan kami membiarkan hal ini terjadi,” kata Johan Rockstroem, direktur Potsdam Institute for Climate Impact Penelitian dan a dari empat ketua bersama Komisi.

“Untuk pertama kalinya dalam sejarah manusia, kita telah membuat siklus air global menjadi tidak seimbang. Curah hujan, sumber utama dari semua air tawar, tidak dapat lagi diandalkan karena perubahan iklim dan penggunaan lahan yang disebabkan oleh manusia, sehingga mempengaruhi fondasinya. kesejahteraan manusia serta perekonomian global,” katanya.
(wbs)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More