Panas Ekstrem Berpotensi Timbulkan Kanker Kulit

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 11:32 WIB
loading...
Panas Ekstrem Berpotensi Timbulkan Kanker Kulit
Panas ekstrem bisa picu kanker kulit. Foto/ IST
A A A
LONDON - Pakar medis memperingatkan panas ekstrem yang disebabkan oleh krisis iklim berisiko meningkatkan kasus kanker kulit yang berpotensi menjadi pemimpin seperti melanoma.

Inggris Raya mencatat suhu tertinggi 40,2 derajat Celcius bulan lalu karena para ilmuwan memperingatkan bahwa gelombang panas dan panas ekstrem kemungkinan akan terus berlanjut.



The Guardian melaporkan, kedokteran sekarang menegaskan bahwa perubahan iklim akan memiliki efek jangka panjang pada orang-orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari dan terpapar sinar ultraviolet (UV).

Profesor onkologi medis di University of Sheffield, Sarah Danson menyuarakan kekhawatiran bahwa panas yang ekstrem akan menyebabkan peningkatan kasus melanoma.

Sebagai dokter yang merawat pasien melanoma, saya khawatir tren panas yang terus berlanjut ini akan menyebabkan lebih banyak kasus melanoma dan kematian akibat penyakit tersebut, katanya.

Ilmuwan medis yang memimpin tim peneliti melanoma di University of Leeds, Julia Newton-Bishop, mengatakan bahwa melanoma pada dasarnya disebabkan oleh sengatan matahari.

"Cuaca panas ini sangat ekstrim sehingga saya khawatir sengatan matahari akan meningkat dan kemudian akan terjadi melanoma," katanya.

Berdasarkan data dari Cancer Research UK, tingkat kematian akibat kanker kulit di kalangan pria di Inggris meningkat lebih dari tiga kali lipat sejak tahun 1970-an.

Bahkan, peningkatan juga tercatat di kalangan wanita.

Dapat dipahami bahwa peningkatan tersebut mungkin disebabkan oleh beberapa faktor termasuk paparan sinar matahari karena paket liburan.

Chief Executive Cancer Research UK, Michelle Mitchell memperingatkan paparan sinar matahari setiap dua tahun sekali dapat melipatgandakan risiko kanker kulit.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)