Ukuran Gerbang Neraka Siberia Terdeteksi Bertambah 3 Kali Lipat

Selasa, 22 Oktober 2024 - 06:05 WIB
Gerbang Neraka Siberia . FOTO/ WION NEWS
MOSCOW - Siberia telah menjadi tempat terbentuknya lubang besar yang disebut “ Gerbang Neraka ” yang ukurannya telah tumbuh tiga kali lipat hanya dalam waktu 30 tahun.



Lubang selebar 200 hektar dan kedalaman 300 kaki ini terdapat di dataran tinggi Yana, Siberia, dan disebut 'Kawah Batagaika'.



Seperti dilansir dari Wion News, lubang tersebut, yang secara resmi dikenal sebagai Batagay, adalah lapisan es tertua kedua di Bumi.

Begitu besarnya sehingga dapat terlihat dari luar angkasa dan kini para ahli berbondong-bondong ke lubang yang dalam untuk mempelajari segalanya tentangnya.

Roger Michaelides, seorang ahli geofisika di Universitas Washington, berkata, "Anda berbicara terutama tentang tanah beku di bawah tanah, yang menurut definisinya sering kali tidak dapat Anda lihat kecuali jika telah terpapar dengan cara tertentu, seperti pada kemerosotan besar ini."

"Saya pikir ada banyak hal yang dapat kita pelajari dari Batagaika, tidak hanya dalam hal memahami bagaimana Batagaika akan berevolusi seiring waktu, tetapi juga bagaimana fitur serupa dapat terbentuk dan berevolusi di Kutub Utara," tambahnya saat berbicara kepada Business Insider.

"Sekalipun ukurannya sepersepuluh atau seperseratus dari Batagaika, fisika pada dasarnya sama," kata Michaelides lebih lanjut.

Penduduk setempat pertama kali melihat Batagay di Yakutia, Rusia dan mengaku mendengar suara-suara mengerikan seperti ledakan keras atau “jeritan” yang berasal darinya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More