Robot Ini Pakai Sepatu Olahraga Biar Tidak Kepeleset Ketika Lari Kencang!

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 10:00 WIB
Sepatu olahraga di robot STAR1 membantu untuk berlari lebih cepat dan tidak terjatuh. Foto: ist
CHINA - Robot STAR1 dapat mencapai kecepatan tertinggi 12 km/jam dengan bantuan tambahan sepasang sepatu olahraga.

Para ilmuwan China berhasil mendemonstrasikan robot humanoid baru yang mampu berlari dengan kecepatan lebih dari 12 km/jam—atau tepatnya 3,6 meter per detik (m/s).

Hal ini menjadikannya mesin atau robot tercepat yang pernah dibuat sejauh ini, meskipun kecepatan tersebut hanya tercapai dengan bantuan alas kaki khusus.



STAR1 adalah robot berkaki dua yang dibangun oleh perusahaan China, Robot Era, dengan tinggi 171 cm dan berat 65 kg.

Dalam sebuah video promosi, tim peneliti memperlihatkan dua robot STAR1 beradu kecepatan di Gurun Gobi, barat laut China. Salah satu model diberi sepasang sepatu olahraga untuk melihat apakah ini dapat membuatnya berlari lebih cepat.



Ditenagai oleh motor torsi tinggi dan algoritma kecerdasan buatan (AI), STAR1 yang memakai sepatu berhasil menavigasi berbagai jenis medan, termasuk padang rumput dan kerikil, sambil berlari santai di jalan beraspal dan tanah, serta mempertahankan kecepatan puncaknya selama 34 menit.

Kecepatan tertinggi 12 km/jam ini mengalahkan robot H1 buatan Unitree, yang sebelumnya memegang rekor kecepatan untuk robot berkaki dua dengan kecepatan 11,9 km/jam (3,3 m/s) pada Maret 2024.

Meskipun STAR1 menggunakan alas kaki, H1 secara teknis tidak sedang berlari karena kakinya tidak sepenuhnya meninggalkan tanah secara bersamaan selama perpindahannya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More