Obat Anti-Penuaan Dipercaya Perkuat Kerja Vaksin COVID-19 Pada Orang Tua

Kamis, 15 Oktober 2020 - 04:27 WIB
Sementara itu, Jenna Bartley, yang mempelajari penuaan di University of Connecticut di Storrs, menilai apakah metformin dapat meningkatkan respons terhadap vaksin flu dalam percobaan kecil pada orang dewasa yang lebih tua.

Idenya, berdasarkan penelitiannya pada tikus, adalah bahwa metformin dapat meningkatkan metabolisme energi sel T sistem kekebalan, membuatnya lebih baik dalam mendeteksi ancaman baru. Bartley telah selesai mengumpulkan data, tetapi karena labnya ditutup karena COVID-19, dia tidak akan menganalisis hasilnya selama beberapa pekan lagi.

Jika metformin bekerja melawan COVID-19, para peneliti masih harus mencari tahu alasannya. Kaeberlein menunjukkan bahwa tidak ada yang tahu pasti cara kerja metformin karena targetnya sangat banyak. “Ini tentang obat-obatan kotor terkotor di luar sana,” katanya.

Awalnya digunakan sebagai obat anti-influenza; Bramante mengatakan itu membantu meredakan peradangan. Selain dari ketidaktahuan mekanis, keuntungannya adalah metformin telah digunakan selama beberapa dekade dan umumnya aman.

Anak-anak bisa menerimanya, seperti halnya wanita hamil. "Metformin adalah obat yang sebenarnya dapat Anda berikan sebagai profilaksis selama 12 bulan tanpa harus melakukan tindak lanjut," kata Bramante seraya menambahkan harganya kurang dari USD4 sebulan. (Baca juga: Lagi, Rusia Loloskan Vaksin Covid-19 Tanpa Uji Coba Tahap 3 )
(iqb)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More