Diprediksi Terjadi 12 Bulan Lagi, Es Alaska Picu Tsunami Setinggi Ratusan Meter

Selasa, 20 Oktober 2020 - 23:37 WIB
Pemantauan berkelanjutan oleh banyak organisasi -termasuk ADNR, Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional, dan Survei Geologi AS- mengawasi perkembangan di Prince William Sound, untuk melacak pergerakan di atas Gletser Barry, dan demi menyempurnakan prediksi tentang dampak dari mega-tsunami yang akan terjadi.

Pemodelan awal dari laporan Mei, yang belum ditinjau oleh peneliti lain, menunjukkan tsunami yang mencapai ketinggian ratusan kaki di sepanjang garis pantai akan diakibatkan oleh kegagalan besar yang tiba-tiba, menyebar ke seluruh Prince William Sound, dan ke teluk dan fjord yang jauh dari sumber.

Mungkin kesimpulan yang lebih besar adalah dampak dari penyusutan gletser yang relatif cepat di era perubahan iklim dapat menimbulkan ancaman tanah longsor dan tsunami yang serupa di banyak tempat lain di dunia, tidak hanya di Alaska.

"Ini benar-benar menakutkan," kata Higman pada blog GlacierHub Universitas Columbia pada bulan Mei, menyamakan risiko lingkungan dengan gunung berapi -sesuatu yang telah dipahami manusia sebagai bahaya geografis yang berbahaya dan tidak dapat diprediksi untuk waktu lama. (Baca juga: Vaksin Covid-19 Asal Korsel Siap Uji Klinis Akhir 2020 di Indonesia )
(iqb)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More