Akhir November, China Siapkan Misi Mengambil Bebatuan Bulan

Kamis, 05 November 2020 - 23:51 WIB
China akan kembali ke Bulan akhir bulan ini untuk menggelar misi pengambilan material batuan bulan. Foto/NASA
BEIJING - Akhir bulan November, pesawat luar angkasa China akan melakukan perjalanan ke Bulan untuk mengambil bebatuan Bulan untuk pertama kalinya dalam kurun waktu lebih dari 40 tahun. Misi tersebut bernama Chang'e-5. (Baca juga: Ini Cara Astronot NASA Ikut Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2020 )

Misi ini adalah yang terbaru dari serangkaian perjalanan yang semakin kompleks ke permukaan Bulan yang dipimpin oleh Administrasi Luar Angkasa Nasional China (CNSA), setelah pendaratan pertamanya dari sebuah pesawat, Chang'e-4, di sisi jauh Bulan pada tahun lalu.

"Untuk membawanya ke tingkat berikutnya dan mengembalikan sampel dari Bulan adalah kemampuan teknologi yang signifikan," kata Carolyn van der Bogert, Ahli Geologi Planet di Universitas Münster, Jerman, dilansir Nature.com.

Pesawat itu diharapkan lepas landas pada 24 November dari Pusat Peluncuran Satelit Wenchang di Pulau Hainan. Rencana peluncuran aslinya direncanakan pada 2017, tapi ditunda karena kerusakan mesin pada roket peluncuran Long March 5 di China.

Misi Chang'e-5 adalah mengumpulkan debu dan puing-puing dari wilayah dekat Bulan yang sebelumnya belum dijelajahi dan mengembalikannya ke Bumi. Jika misi berhasil, itu akan mengambil materi bulan pertama sejak misi AS dan Soviet pada 1960-an dan 1970-an.

Ilmuwan bulan akan bersemangat untuk mempelajari sampel baru karena apa yang mungkin mereka pelajari tentang evolusi Bulan. Materi tersebut juga dapat membantu peneliti menentukan tanggal permukaan planet dengan lebih akurat seperti Mars dan Merkurius.

“Lokasi pendaratan dipilih dengan sangat bijak,” kata Harald Hiesinger, seorang ahli geologi Universitas Münster.

Teknik Pengambilan Batuan Bulan