8 Pertanyaan Seputar Mutasi Virus Corona di Inggris dan Jawabannya

Jum'at, 25 Desember 2020 - 23:07 WIB
Mutasi virus Corona di Inggris dibenarkan WHO memang membuat virus cepat menyebar. Namun pencegahan virus yang selama ini dilakukan bisa mencegah mutasi virus memapar kita. Foto/ist
LONDON - Strain baru virus Corona yang menakutkan, yakni strain B.1.1.7 , baru-baru ini menghantam Inggris. Mutasi itu mendorong pemerintah setempat memperketat penguncian di wilayah Inggris tenggara. Meskipun kita tidak mengetahui semua detailnya, para ahli semakin yakin bahwa virus ini lebih mudah ditularkan daripada strain lainnya. (Baca juga: Mutasi Baru di Afrika Selatan, Virus Corona Incar Anak Muda )

Semua orang pasti memiliki banyak pertanyaan terkait mutasi virus Corona di Inggris. Apalagi dikatakan strain B.1.1.7. dengan cepat menyebar.

Live Science menyebutkan ada delapan (8) pertanyaan utama dan jawabannya sehubungan dengan virus Corona baru yang bermutasi di Inggris. Berikut ini pertanyaan dan jawabannya:

1. Apa itu varian virus Corona Inggris?

Strain B.1.1.7 dari SARS-CoV-2 adalah versi virus dengan 23 mutasi, delapan di antaranya berada dalam protein lonjakan yang digunakan virus untuk mengikat dan memasuki sel manusia, Science Magazine melaporkan.



2. Dari mana asalnya?

Menurut WHO, virus pertama kali terdeteksi pada 21 September di Kent County di Inggris. Kemudian menyebar di bulan November.

Sejak itu, virus telah menjadi varian paling umum di Inggris, mewakili lebih dari 50% kasus baru yang didiagnosis antara Oktober dan 13 Desember di Inggris. Namun beberapa ilmuwan sekarang percaya bahwa virus tersebut mungkin telah bermutasi pada seseorang yang mengalami gangguan kekebalan.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More