Thailand Surganya Kehidupan Dinosaurus, Bagaimana dengan Indonesia?

Rabu, 17 Februari 2021 - 22:21 WIB


Namun, anggapan bahwa Dinosaurus nonburung pada umumnya berukuran raksasa adalah suatu kesalahpahaman. Banyak juga Dinosaurus yang berukuran kecil, misalnya Xixianykus, yang panjangnya hanya 50 cm (20 inci).

Meskipun kata dinosaurus secara harfiah berarti "kadal yang mengerikan", tapi sebenarnya dinosaurus bukanlah spesies kadal. Sebaliknya, dinosaurus tergolong dalam kelompok reptil yang terpisah. Bukti menunjukkan bahwa Dinosaurus yang telah punah sama sekali tidak mencerminkan karakteristik tradisional reptil, misalnya bergerak melata dan ektoterma.

Selain itu, kebanyakan hewan pra-sejarah seperti mosasaurus, ichthyosaurus, pterosaurus, plesiosaurus, dan dimetrodon, dianggap sebagai jenis Dinosaurus. Tetapi sebenarnya hewan-hewan ini bukanlah Dinosaurus.

Sepanjang paruh pertama abad ke-20, sebelum burung diakui sebagai keturunan Dinosaurus, sebagian besar ilmuwan percaya bahwa mereka adalah hewan yang lamban dan berdarah dingin. Namun, penelitian yang dilakukan sejak 1970-an menunjukkan Dinosaurus ialah hewan yang aktif dengan sistem metabolisme yang tinggi dan melakukan berbagai adaptasi dalam interaksi sosialnya.

Sejak fosil dinosaurus ditemukan pertama kali pada awal abad ke-19, rangkaian kerangka dinosaurus telah menjadi atraksi utama di berbagai museum di seluruh dunia, dan dinosaurus juga telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kebudayaan dunia. Ukurannya yang besar serta sifatnya yang dianggap buas dan mengerikan telah menyebabkan munculnya buku-buku dan film-film laris yang mengisahkan mengenai dinosaurus, misalnya Jurassic Park.



Tingginya antusiasme publik terhadap Dinosaurus menyebabkan meningkatnya aliran dana untuk membiayai penelitian dinosaurus. Penemuan-penemuan terbarunya secara teratur juga selalu diliput oleh media.

Dinosaurus Pernah Hidup di Indonesia?

Di antara negara ASEAN, ternyata hanya Thailand yang beruntung menjadi tujuan arkeolog untuk berburu fosil Dinosaurus. Di Negeri Gajah Putih ini pernah hidup Isanosaurus, Kinnareemimus, Ratchasimasaurus, dan Siamraptor.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More