NASA Rilis Foto Berwarna Pertama Permukaan Mars yang Dikirim Perseverance

Sabtu, 20 Februari 2021 - 09:39 WIB


"Jika Anda melihat di bawah ke lingkaran kecil, ini adalah titik touchdown akhirnya kami," kata Aaron Stehura, wakil pemimpin fase untuk masuk, turun dan mendarat. Stehura juga merefleksikan saat tim melihat gambar penjelajah dari sudut pandang lain. (Baca juga: Asteroid Besar Ancam Bumi, Indonesia Tak Punya Roket Penghancur)

Manajer Misi Strategis Perseverance, Pauline Hwang mengatakan, Sebelum melakukan misinya, Perseverance akan melalui beberapa pemeriksaan perangkat keras untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik

Kepala, atau tiang, akan terbuka dan kamera di tiang akan menangkap lebih banyak gambar di sekitar penjelajah untuk memberikan panorama dari penjelajah.

Helikopter kecil pintar yang terselip dibawa penjelajah, juga akan menjalani pemeriksaan. "Sebelum helikopter dapat memulai serangkaian penerbangan uji coba selama periode 30 hari, banyak yang harus terjadi dan itu akan memakan waktu," kata Hwang.

Nantinya Perseverance diarahkan menuju lokasi helipad untuk menurunkan helikopter di permukaan Mars dan mundur. Perseverance akan merekam foto dan video penerbangan bersejarah ini. Ingenuity juga mengusung dua kamera dan akan dapat membagikan pemandangan udaranya. (Baca juga: Gunakan Drone, Ilmuwan Ungkap Isi Lubang Besar di Siberia)

Sekarang Perseverance telah mendarat, ia dapat beralih ke perangkat lunak yang akan digunakannya saat berkendara di permukaan Mars. "Gambar yang dikirim kembali oleh penjelajah akan menginformasikan kepada tim sains sehingga kami benar-benar dapat mulai benar-benar memulai misi," kata Hallie Gengl Abarca, kepala tim pencitraan dan pemrosesan data penjelajah untuk operasi permukaan.
(ysw)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More