Warning Bagi Penduduk Bumi, Jumlah Asteroid yang Mengancam Bertambah Ribuan

Sabtu, 13 Maret 2021 - 18:59 WIB
Beberapa asteroid yang ditemukan tahun lalu mendekati Bumi -setidaknya 107 di antaranya melewati planet dengan jarak kurang dari Bulan. Peluncuran terdekat tahun lalu termasuk asteroid kecil 2020 QG, yang meluncur hanya 2.950 kilometer di atas Samudera Hindia pada bulan Agustus.

Itu menjadikannya pendekatan yang paling dikenal -rekor dipecahkan hanya tiga bulan kemudian oleh benda kecil lainnya, 2020 VT4. Yang satu itu lewat kurang dari 400 kilometer dari planet, dan baru terlihat 15 jam setelah melesat. Jika terkena, mungkin akan pecah di atmosfer bumi.

Semua penemuan ini membuat para astronom lebih sadar akan sifat bola biliar Tata Surya, di mana banyak asteroid berkeliaran di ruang dekat Bumi. "Dorongan baru-baru ini untuk mengamati Apophis menyoroti bagaimana para astronom di seluruh dunia dapat bekerja sama untuk menilai ancaman yang ditimbulkan oleh asteroid," kata Vishnu Reddy, ilmuwan planet di Universitas Arizona di Tucson.

“Ini merupakan upaya internasional yang sangat besar dan sangat menyenangkan,” katanya. Baca juga:

Pada saat Apophis muncul lagi, dalam waktu delapan tahun, para ilmuwan akan memiliki sensus yang lebih rinci tentang batuan antariksa yang mengancam.