Tak Sempat Lihat Supermoon, 9 Bulan Purnama Ini Juga Tak Kalah Indahnya Lho!

Selasa, 30 Maret 2021 - 11:48 WIB
20 Oktober - Bulan Hunter

19 November - Bulan berang-berang

18 Desember - Bulan dingin

Setiap wilayah tentu memiliki nama berbeda untuk bulan purnama tersebut. Inilah bulan purnama lain yang bisa Anda nantikan di tahun 2021.

Selain bulan purnama, tahun ini langit juga akan dihiasai hujan meteor yang sangat indah. Lyrids yang biasa terjadi bulan April akan mencapai puncaknya pada 22 April dan akan terlihat paling baik di Belahan Bumi Utara - tetapi bulan akan menjadi 68% penuh. Menurut American Meteor Society, hal ini dapat membuat hujan meteor tidak terlalu terlihat. (Baca juga: Antibodi Virus Corona Bisa Bertahan Berbulan-bulan)

Eta Aquariids menyusul segera setelah itu, memuncak pada 5 Mei ketika bulan 38% purnama. Hujan meteor ini paling baik dilihat di daerah tropis selatan, tetapi masih akan terlihat bagus bagi mereka yang berada di utara khatulistiwa.

Bima Sakti terlihat dari Glacier Point Trailside di Taman Nasional Yosemite, California. Delta Aquariids juga paling baik dilihat dari daerah tropis selatan dan akan mencapai puncaknya antara 28 dan 29 Juli saat bulan 74% purnama.

Menariknya, hujan meteor lain memuncak pada malam yang sama - Alpha Capricornids. Meskipun hujan meteor ini jauh lebih lemah, tetapi diketahui menghasilkan beberapa bola api terang selama puncaknya. Ini akan terlihat bagi mereka yang berada di kedua sisi khatulistiwa.

Hujan meteor Perseid, yang paling populer tahun ini, akan mencapai puncaknya antara 11 dan 12 Agustus di Belahan Bumi Utara, saat bulan hanya 13% purnama. (Baca juga: 10 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia, Indonesia Tak Masuk Hitungan)

Berikut adalah jadwal hujan meteor untuk sisa tahun itu, menurut perkiraan hujan meteor EarthSky:
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More