Sedang Freediving di Laut, Penyelam Justru Temukan Harta Karun Koin Emas

Senin, 27 September 2021 - 08:55 WIB
Para ilmuwan dari University Institute for Research in Archaeology and Historical Heritage menganalisis koin-koin tersebut. ”Ini adalah salah satu set koin emas Romawi terbesar yang ditemukan di Spanyol dan Eropa,” kata Jaime Molina, kepala tim arkeolog bawah air dari Universitas Alicante, dalam siaran pers.

Apa yang membuat penemuan itu semakin tidak biasa adalah betapa sempurnanya koin-koin itu terawetkan. Peneliti mampu mengidentifikasi kaisar pada koin: Valentinian I (3 koin), Valentinian II (7 koin), Todosio I (15 koin), Arcadi (17 koin), Honorius (10 koin), dan sebuah koin tak dikenal.

Molina mengatakan bahwa penemuan tersebut dapat memberikan banyak informasi baru untuk memahami fase akhir dari jatuhnya Kekaisaran Romawi Barat. Sejarawan mengatakan bahwa koin itu bisa saja sengaja disembunyikan untuk menghindari penjarahan orang barbar, seperti Alans.

Para ilmuwan menduga koin-koin itu mungkin disembunyikan dari penjarah barbar.

Mereka mengatakan bahwa koin menjelaskan momen historis kondisi yang tidak aman dengan kedatangan orang-orang barbar seperti Suevi, Vandal, dan Alan, yang menyebabkan jatuhnya Kekaisaran Romawi.

Koin-koin tersebut akan direstorasi dan dipamerkan di Museum Arkeologi dan Etnografi Soler Blasco di Xàbia, kata Universitas Alicante.