Luncurkan DART, Inilah Pesawat Tercanggih Milik NASA

Minggu, 10 Oktober 2021 - 00:13 WIB
The Double Asteroid Redirection Test (DART), pesawat tercanggih milik NASA. FOTO/ IST
NEW YORK - Badan Antariksa dan Penerbangan Nasional ( NASA ) akan meluncurkan pesawat luar angkasa, The Double Asteroid Redirection Test (DART), bulan depan.

DART dirancang untuk menghancurkan asteroid dengan pesawat ruang angkasa yang terletak 17,7 juta kilometer dari bumi. BACA JUGA - Penjelajah NASA Temukan Bukti Planet Mars Dulunya Seperti Bumi

Seperti dilansir dari Mirror, proyek tersebut melibatkan tim ahli dari NASA dan European Space Agency untuk melakukan uji coba teknologi guna mencegah bumi dari serangan asteroid.

Jika berhasil, konstruksi tersebut dapat membuka jalan bagi sistem pertahanan planet baru yang dapat membelokkan batuan luar angkasa sebelum jatuh ke bumi.

Teknologi tersebut mirip dengan film Hollywood Armageddon ketika NASA meluncurkan pesawat luar angkasa untuk mencegah asteroid 'menyerang' bumi.

"DART akan menjadi demonstrasi pertama dari teknik tembakan kinetik untuk mengubah gerakan asteroid di luar angkasa," kata NASA di situsnya.

Pesawat ruang angkasa DART terdiri dari struktur tubuh berbentuk kotak dua kali ukuran mesin cuci yang juga dilengkapi dengan dua panel surya sepanjang 18 meter.

Roket SpaceX Falcon 9 yang membawa DART akan diluncurkan dari Vandenberg Air Force Base, California, pada 24 November.

DART akan mendekati asteroid Didymos, sembilan bulan kemudian.