China Luncurkan Gelombang Misi Luar Angkasa, Sepekan Ada Pengiriman 4 Satelit

Rabu, 01 Desember 2021 - 14:09 WIB
Data militer Amerika Serikat (AS) menunjukkan satelit Shiyan 11 berada di orbit kutub setinggi 310 mil (500 kilometer). Pejabat China merilis beberapa rincian tentang Shiyan 11. Menurut CASC, satelit digunakan untuk pencitraan tanah, perencanaan kota, estimasi hasil panen, dan pemantauan bencana.

Tetapi keluarga satelit Shiyan China biasanya digunakan untuk demonstrasi teknologi atau eksperimen ilmiah. Beberapa satelit mungkin menggunakan nama Shiyan sebagai kedok untuk kegiatan klandestin yang berhubungan dengan militer. (Baca juga; Miliarder Jepang Meluncur ke Ruang Angkasa 8 Desember, Jalani Serangkaian Latihan Berat )

Peluncuran keempat, terjadi pada 26 November 2021 dari pelabuhan antariksa Xichang di Provinsi Sichuan di barat daya China. Roket Long March 3B yang diluncurkan memuat satelit komunikasi Zhongxing 1D atau Chinasat 1D, kemudian ditempatkan dalam orbit transfer geostasioner elips yang membentang sejauh 22.264 mil (35.831 kilometer) dari Bumi.

Analis independen menduga, Zhongxing 1D kemungkinan merupakan satelit komunikasi untuk militer China. Pesawat ruang angkasa akan menggunakan sistem propulsi on-board untuk mengedarkan orbitnya pada ketinggian geostasioner lebih dari 22.000 mil di atas khatulistiwa. Posisi ini, satelit Zhongxing 1D akan menyamai rotasi Bumi, melayang di atas posisi geografis tetap untuk menyediakan komunikasi tanpa gangguan kepada militer.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More