Miliarder Jepang Meluncur ke Ruang Angkasa 8 Desember, Jalani Serangkaian Latihan Berat

Rabu, 01 Desember 2021 - 05:17 WIB
loading...
Miliarder Jepang Meluncur ke Ruang Angkasa 8 Desember, Jalani Serangkaian Latihan Berat
Miliarder Jepang Yusaku Maezawa (kanan) berpose bersama Yozo Hirano dan kosmonot Rusia Alexander Misurkin saat pelatihan peluncuran pesawat ruang angkasa Soyuz ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Foto/Roscosmos
TYURATAM - Seorang miliarder Jepang Yusaku Maezawa dijadwalkan meluncur ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional (International Space Stasion/ISS) pada 8 Desember 2021 dari Pangkalan Antariksa (Kosmodrom) Baikonur di Tyuratam, Republik Kazakhstan. Dia menggunakan pesawat ruang angkasa Soyuz milik Roscosmos, badan antariksa federal Rusia.

Yusaku Maezawa dijadwalkan berada selama 12 hari di Stasiun Ruang Angkasa Internasional atas biaya sendiri. Maezawa memesan perjalanan ke luar angkasa melalui perusahaan Space Adventures berbasis di Virginia. Perusahaan belum mengungkapkan berapa biaya yang dikeluarkan Maezawa, hanya saja diperkirakan sekitar USD20 juta sampai USD40 juta.

Yusaku Maezawa tidak sendirian, dia akan diluncurkan bersama produser video Yozo Hirano yang akan mendokumentasian perjalannya dan kosmonot Alexander Misurkin yang menjadi pemandu. Penerbangan Maezawa-Hirano-Misurkin akan menjadi perjalanan Space Adventures pertama ke ISS dengan membawa lebih dari satu turis luar angkasa.

Maezawa terus memberi tahu tentang aktivitas persiapannya sebelum peluncuran melalui akun Twitter. Misalnya, pada 19 November 2021, dia men-tweet telah tiba di Baikonur. (Baca juga; Lebih Ganteng, Tampilan Baru Soyuz 2 Rusia Terinspirasi Roket Yuri Gagarin )
Miliarder Jepang Meluncur ke Ruang Angkasa 8 Desember, Jalani Serangkaian Latihan Berat

Dan pada Sabtu (27 November), dia memposting serangkaian tweet yang menguraikan "pelatihan yang tidak biasa" yang dijalani baru-baru ini. Termasuk tidur di tempat ranjang miring, bermain bulu tangkis setiap hari, dan berputar-putar di kursi khusus. (Baca juga; Modul Prichal Terpasang di ISS, Rusia dan AS Bahas Teknis Penggunaan Bersama )



"Kursi berputar — hampir terasa seperti siksaan. Beberapa kosmonot mengatakan itu perlu, beberapa mengatakan tidak. Bagaimanapun, ini adalah pelatihan tersulit yang pernah dilakukan. Peringatan: mata akan berputar hanya dengan menonton," tulis Maezawa melalui akun Twitter.

Dia juga memposting video ketika berlatih di kursi berputar atau Multi Axis Trainer (MAT). Ini digunakan untuk memberi perasaan bagaimana ketika jatuh tak terkendali di luar angkasa. Jika perjalanan ke ISS semuanya sesuai rencana, miliarder Jepang ini telah memesan perjalanan keliling bulan dengan kendaraan Starship SpaceX. Penerbangan itu secara tentatif ditargetkan untuk tahun 2023.
(wib)
KOMENTAR ANDA